Menjelajahi Pulau Gusung Toraja dengan Alamnya yang Memesona

Pulau Gusung Toraja
Pulau Gusung Toraja di Polewali Mandar, Sulbar. (Source: Dispar Sulbar)

TURISIAN.com – Menjelajahi sebuah pulau kecil tak berpenghuni tapi menyajikan panorama alam yang memesona, tentu bakal menjadi pengalaman yang berkesan. Nah contohnya seperti berkunjung ke Pulau Gusung Toraja di Kabupaten Polewali Mandar.

Objek wisata alam yang satu ini merupakan sebuah pulau berpasir putih, berukuran kecil seperti lapangan sepak bola. Lokasinya berada di Kelurahan Ammassangan, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Pulau Gusung Toraja memiliki keindahan panorama alam yang eksotis dan mempesona. Bakalan bikin Sobat Turisian betah berlama-lama. Suasananya pun tenang, jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Cocok banget buat kalian yang mencari tempat healing.

Di tempat wisata ini, Sobat Turisian juga menjajal berbagai daya tarik wisata alam dan bahari. Seperti pasir pantai yang putih, pemandangan laut lepas, lokasi pemancingan, kawasan camp, dan beberapa spot foto yang instagramable.

Baca juga: Ragam Keindahan Tepi Pantai di Polewali Mandar Sulawesi Barat yang Bikin Rindu Berat

Selain atraksi wisata, objek wisata Sulbar ini pun sudah lengkap dengan berbagai sarana dan prasarana pariwisata. Di antaranya gazebo, toilet, villa, panggung pertunjukan, musala, ruang pertemuan, dan lain sebagainya.

Rute Menuju Pulau Gusung Toraja Sulbar

Destinasi wisata pulau tersebut mudah Sobat Turisian gapai dari ibu kota Polewali Mandar. Perjalanannya kurang lebih 30 menit ke arah timur menuju ke Kecamatan Binuang, tepatnya di Desa Bajoe.

Dari Desa Bajoe Sobat Turisian dapat menyewa perahu dengan harga kurang lebih Rp200.000 untuk mengantar pergi dan pulang (PP) dari pulau ini. Perahu jenis ketinting ini dapat memuat sekitar 6 sampai dengan 7 orang.

Alternatif rute selain dari Desa Bajoe, Sobat Turisian dapat menuju ke Pulau Gusung Toraja melalui Desa Binuang dan Desa Tonyaman. Desa-desa ini menyediakan jasa transportasi  menuju ke Gusung Toraja.

Baca juga: Ini Tiga Tempat Wisata Mamuju yang Memukau dan Seru Buat Tujuan Liburan!

Perjalanan menuju ke tempat tersebut memakan waktu cukup singkat, yaitu 15 menit. Untuk retribusinya cukup membayar sekira Rp5.000 per orang.*

 

Pos terkait