Ini Tiga Tempat Wisata Mamuju yang Memukau dan Seru Buat Tujuan Liburan!

Tempat wisata Mamuju
Air Terjun Tamasapi di Mamuju.

TURISIAN.com – Buat tujuan liburan berikutnya, bisa arahkan ke wilayah Sulawesi Barat. Sobat Turisian bisa pilihan deretan tempat wisata di Mamuju. Kabupaten ini menawarkan spot wisata alam yang memukau dan aktivitas seru.

Menyelami alam bawah laut untuk melihat terumbu karang yang indah, menjadi salah satu daya tarik wisata Mamuju. Berikut ini ada 3 rekomendasi tempat wisata Mamuju yang menarik buat masuk list liburan Sobat Turisian nanti!

1. Pantai Manakarra dengan Gong Raksasanya

tempat wisata Mamuju

Selain alamnya memesona, Pantai Manakarra juga menjadi lokasi event tahunan Mamuju yaitu Manakarra Fair 2022 yang sudah berlangsung minggu lalu. Di sini terdapat 6 pilar merah yang menandakan 6 kecamatan yang ada di Kabupaten Mamuju.

Di tengah-tengah pilar tersebut, Sobat Turisian bisa melihat sebuah gong raksasa yang bergambarkan simbol agama-agama. Sebagai simbol kemajemukan agama di Mamuju, Sulawesi Barat. Enam pilar dan gong raksasa inilah yang dinamakan sebagai Tugu Perdamaian. Menarik sekali, ya Sob!

2. Air Terjun Tamasapi Mamuju

Tempat wisata Mamuju berikutnya ada Air Terjun Tamasapi yang menyegarkan. Air terjun cukup tinggi mencapai ketinggian 75 meter. Untuk menuju ke sini, Sobat Turisian harus melakukan perjalanan sekitar 6,7 kilometer dari Pantai Manakarra.

Baca juga: Ragam Keindahan Tepi Pantai di Polewali Mandar Sulawesi Barat yang Bikin Rindu Berat

Kondisi jalan menuju Air Terjun Tamasapi di Dusun Tamasapi, Kelurahan Mamunyu, Mamuju ini cukup berliku dan menanjak khas pegunungan, sehingga harus extra hati-hati. Namun rasa lelah dan was-was dari perjalanan ini akan hilang begitu melihat pemandangan alam sepanjang perjalanan yang hijau dan indah.

Di tempat wisata air terjun di Mamuju ini, Sobat Turisian bisa sepuasnya menikmati kesegaran air terjun di kolam bawahnya. Kalau sudah puas, kalian bisa istirahat dan menikmati kesejukan sejenak di gazebo yang terbuat dari bambu.

3. Alam Bawah Laut Pulau Karampuang Mamuju

tempat wisata Mamuju

Pulau Karampuang di Mamuju yang berarti “rembulan” ini juga mendapat julukan sebagai “pulau buaya”. Tapi tenang, tak usah khawatir akan bertemu satwa buaya. Julukan ini ada hanya karena bentuk pulau ini yang menyerupai buaya jika melihatnya dari atas.

Lokasi Pulau Karampuang sendiri terletak di seberang Pantai Manakarra. Pulau ini memiliki alam bawah laut yang sangat indah. Untuk menikmatinya Sobat Turisian harus melakukan penyelaman.

Baca juga: Tradisi Mangngaro, Bentuk Penghormatan Warga Mamasa Terhadap Jenazah Luhur

Di spot bawah laut di Mamuju ini, Sobat Turisian bisa menjumpai banyak terumbu karang indah, mulai dari soft coral dan hard coral. Hingga berbagai jenis spesies ikan lucu yang tinggal di terumbu karang tersebut. Bahkan, jika beruntung, kalian bisa bertemu spesies langka seperti pygmy seahorse.*

 

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel

Pos terkait