4 Jajanan Khas Tulungagung yang Autentik dengan Cita Rasa Manis

Jajajan Khas Tulungagung
Kue Cenil khas Tulungagung, Jatim.

TURISIAN.com – Kalau Sobat Turisian berlibur ke suatu daerah jangan lupa mencicipi makanan atau jajanan khasnya. Dijamin rasanya lezat dan autentik, tak akan mudah mendapatkan di tempat lain. Seperti jajanan khas Tulungagung, Jawa Timur yang beragam dan wajib Sobat Turisian coba.

Jajanan khas Tulungagung ini kebanyakan makanan olahan singkong dan ketan yang bercita rasa manis. Sangat nikmat menyantapnya sebagai teman minum teh atau ngopi.

Berikut ini ada 4 rekomendasi jajanan khas Tulungagung yang rasanya manis dan bikin ketagihan, di antaranya:

1. Cenil khas Tulungagung

Jajanan Tulungagung Cenil memiliki rasa yang unik, tekstur yang kenyal, dan berwarna-warni mulai dari warna merah, hijau, putih, dan kuning. Sajian kue ini biasanya dengan tambahan parutan kelapa atau bisa juga menambahkan kuah gula aren.

Rasa makanan khas Tulungagung ini ada yang manis dan tawar atau tidak berasa hanya kenyal-kenyal. Cenil yang tidak diberi gula biasanya tidak berasa tetapi biasanya tersedia kuah gula aren. Cenil terbuat dari bahan dasar tepung kanji, sehingga teksturnya sangat kenyal sekali.

Baca juga: Mencicipi Kelezatan Aneka Makanan Khas Tulungagung

Untuk membeli dan mencicipi kelezatan kue Cenil ini, Sobat Turisian bisa menuju Pasar Senggol Bangoan, Kabupaten Tulungagung. Di sana banyak yang menjual kue Cenil dan jajanan khas lainnya.

2. Jenang Grendul Tulungagung

jajanan khas Tulungagung

Jajajan khas Tulungagung berikutnya, yakni Jenang Grendul yang terbuat dari tepung kanji. Biasanya penyajiannya bersama dengan Jenang Baning yang terbuat dari tepung beras, serta Jenang Ketan dari bubur ketan hitam.

Secara terpisah, penyajian Jenang Grendul bersama kuah santan karena karakter jenang yang satu sudah manis. Namun jika ingin mencampur ketiga jenang tersebut bisa menambahkan kuah gula jawa atau gula aren yang umum dengan sebutan Juruh.

Jika Sobat Turisian ingin mencoba Jenang Grendul, bisa membeli di tempat yang sama membeli Cenil. Yaitu di Pasar Senggol Bangoan, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

3. Geti khas Tulungagung

jajanan khas Tulungagung

Lanjut lagi ada jajanan Geti, yang merupakan salah satu makanan khas Tulungagung. Camilan ini terbuat dari kacang tanah dan ada pula dari wijen ataupun gabungan dari keduanya.

Baca juga: 9 Jajanan Khas Banyuwangi yang Bikin Ngakak Tapi Ngangenin

Bahan kacang tanah dan biji wijen ini direkatkan dengan rebusan gula merah yang pekat. Kemudian keringkan hingga menghasilkan Geti yang mempunyai rasa manis dan enak. Sobat Turisian bisa merasakan jajanan khas Tulungagung ini di Pusat Oleh-oleh Stasiun.

4. Gethuk Lindri

Gethul Lindri

Gethuk merupakan makanan khas Jawa yang berbahan utama singkong. Ada beberapa jenis gethuk singkong yang umum dijual, seperti Gethuk Singkong Gula Merah atau Gethuk Lindri. Sobat Turisian bisa membelinya di Pasar Senggol Bangoan, Kabupaten Tulungagung.

Gethuk Singkong Gula Merah berbahan dasar singkong dan gula merah yang tersaji dengan parutan kelapa. Sangat nikmat jika menyantapnya selagi masih hangat. Sementara Gethuk Lindri pada dasarnya berbahan dasar sama yaitu singkong.

Baca juga: 7 Rekomedasi Tempat Nasi Pecel di Kota Madiun yang Wajib Dicoba

Bedanya Gethuk Lindri memakai gula putih dan sedikit vanili sebagai penyedap rasa getuk. Makanan ini pun pada umumnya memakai taburan gula putih. Karena akan tampak lebih menarik di atas gethuk dengan pewarna makanan, biasanya kuning, hijau, dan merah.*

 

 

 

Sumber & Foto: Disbudpar Tulungagung

 

Pos terkait