7 Rekomedasi Tempat Nasi Pecel di Kota Madiun yang Wajib Dicoba

Nasi Pecel Madiun
Nasi Pecel khas Madiun. (iStock)

TURISIAN.com – Sobat Turisian pasti sudah tak asing lagi dengan makanan Nasi Pecel Madiun. Tapi, apakah sudah pernah mencicipi kuliner ini di kota aslinya? Jika belum pernah, Sobat Turisian wajib liburan ke salah satu kota di Jawa Timur ini!

Saking tenar nasi pecelnya, Madiun sampai mendapatkan julukan Kota Pecel. Hampir tiap jalan di kota ini terdapat pedagang kuliner khas tersebut. Sobat Turisian bisa menjumpai para pedagang kuliner Madiun ini dari pagi hingga malam hari.

Cita rasanya yang khas dan autentik membuat kuliner satu ini sangat digemari para wisatawan yang datang ke kota ini. Berikut ini ada 7 rekomendasi pedagang Nasi Pecel di Kota Madiun yang bisa Sobat Turisian pilih datangi!

1. Nasi Pecel Yu Gembrot

Warung Nasi Pecel Yu Gembrot. Hebatnya, cikal bakal warung ini sudah ada sejak tahun 1942 silam. Jadi sudah cukup melegenda warung pecel ini.

Berawal dari seorang Sarinem yang berjualan nasi pecel keliling sekitar tahun 1942 lalu. Nah, barulah di tahun 1974, anak Sarinem yang bernama Kartini mempopulerkan warung nasi pecel tersebut.

Baca juga: Selain Pecel Lele dan Soto Ayam, Ada Lagi Nih Kuliner Khas Lamongan Lainnya!

Keistimewaan Nasi Pecel Yu Gembrot merupakan legendaris nasi pecel khas Madiun yang merupakan favorit Presiden RI, Joko Widodo yang sudah berdiri sejak 1942. Untuk dapat mencicipi cita rasa Nasi Pecel Yu Gembrot, Sobat Turisian dapat menjumpainya di Jalan Imam Bonjol, Kota Madiun, di saat pagi hingga malam hari.

2. Nasi Pecel 99 

Nasi Pecel 99 ini hadir sejak tahun 1987 dan memiliki sambal pecel yang khas dan konsisten rasanya dari sejak awal berdiri.  Sambal pecel 99 masih terjaga keasliannya karena memakai resep asli dari pendirinya yaitu Karyono dan Herimurti.

Sesuai dengan namanya, warung Nasi Pecel 99 berlokasi di Jalan Cokroaminoto, No. 99 Kota Madiun. Nasi Pecel 99 ini juga merupakan favorit Presiden Indonesia ke-6 yaitu Susilo Bambang Yudhoyono.

3. Nasi Pecel Sri Tanjung

Siapa yang tak kenal Nasi Pecel Madiun yang satu ini. Lokasi kedainya yang berada di Jalan Cokroaminoto No.143, Kota Madiun ini selalu ramai pembeli setiap harinya.

Nasi pecel ini cukup istimewa karena berbeda dengan beberapa pecel yang dihidangkan untuk pagi hari. Warung Sri Tanjung justru berjualan khusus di malam hari, mulai jam 6 sore hingga dini hari. Nasi pecel ini cocok buat Sobat Turisian yang ingin menghabiskan malam sambil mencari kuliner khas Madiun.

4. Nasi Pecel Bu Wir Kabul

Selanjutnya, ada Nasi Pecel Wir Kabul yang berlokasi di Jalan Cokroaminoto, No. 115. Berbeda dengan warung pecel lainnya, Nasi Pecel Madiun yang ini berjualan di bangunan permanen.

Baca juga: Candi Tikus Trowulan, Alternatif Tujuan Wisata di Mojokerto Jawa Timur

Cita rasa dari sajian Nasi Pecel Wir Kabul yakni pedas dan gurih. Untuk dapat merasakan cita rasa pecel warung ini, Sobat Turisian dapat datang di saat pagi har. Mulai pukul 8 pagi hingga jam 3 sore atau malam hari pada pukul setengah 5 sore hingga jam 11 malam.

5. Nasi Pecel Pojok 

Sesuai namanya, nasi pecel yang satu ini berada di pojokan antara Jalan Cokroaminoto dan Jalan Ringin. Terletak di dekat SDK Santa Maria Madiun, tepatnya di Jalan Cokroaminoto, No. 121.

Perpaduan antara sayur dan lauk menghasilkan cita rasa tersendiri Nasi Pecel Pojok. Bagi Sobat Turisian yang kurang menyukai rasa pedas tidak perlu khawatir karena tingkat kepedasannya bisa kalian atur sendiri. Warung Nasi Pecel Pojok ini buka dari jam 5 sore hingga jam 11 malam.

6. Nasi Pecel Mbak Lina

Satu lagi tempat nasi pecel Madiun yang tak kalah terkenal, yaitu Nasi Pecel Mbak Lina. Lokasinya ada di Alun-Alun Madiun sisi utara, Manguharjo di depan Pendopo Kabupaten Madiun.  Warung makan ini cocok sekali untuk menjadi tempat berkumpul dengan sanak famili sambil menikmati kehangatan Madiun.

7. Nasi Pecel Bu Mandung

Warung nasi pecel yang terakhir ini juga termasuk yang terkenal. Terletak di Jl.Cokroaminoto No.110, Kejuron Madiun, Jawa Timur. Tempat makan ini buka dari Maghrib sekitar pukul 18.00 hingga dini hari pukul 03.00.

Baca juga: Ingin Melihat Aneka Kucing, Datang ke Jember Mini Zoo

Menu Nasi Pecel bu Mandung ini memadukan kacang panjang, kangkung, taoge hingga kembang turi yang pas. Membuatnya laris manis setiap harinya. Untuk menikmati satu porsi nasi pecel Madiun ini, Sobat Turisian cukup menyiapkan uang Rp 15.000 saja. Murah dan enak Sob!*

 

 

 

Sumber: Disbudparpora Madiun

Pos terkait