Kenny Santana, Berbagi Tips Jitu Atur Keuangan Bagi ‘Si Solo Traveller’

Kenny Santana
Foto: Ilustrasi dalam merencanakan perjalanan sebagai solo traveller.( Pexels.com/ @Nataliya Vaitkevich)

Turisian.com – Nama Kenny Santana memang sudah tidak asing lagi bagi para traveller nusantara. Melalui media sosial, banyak sekali kegiatan yang dibagikan olehnya ketika mengunjungi sejumlah tempat ketika berwisata.

Selain itu, dirinya juga kerap membagikan sejumlah tips dan informasi seputar dunia travelling yang tentunya bermanfaat bagi banyak orang.

Salah satu tips-nya,  adalah seputar kiat-kiat cerdas dalam mengatur keuangan khusus bagi mereka yang ingin pergi melancong sendiri. Atau yang lebih akrab dikenal dengan istilah solo travelling.

Sejumlah tips ini bersifat umum dan bisa sobat Turisian terapkan untuk perjalanan ketika hendak bepergian ke luar negeri seperti dikutip Turisian.com dari Antaranews, baru-baru ini.

BACA JUGA: 7 Tips Aman Berwisata di Sungai, Bagaimana Saat Turun Hujan?

1. Tuntaskan Kewajiban Finansial

Bagi Kenny Santana, hal paling penting di dalam mengelola keuangan adalah telah menuntaskan kewajiban finansial. Sebelum berencana menyisihkan uang untuk kebutuhan tersier seperti contohnya adalah untuk keinginan travelling.

“Aku melakukan kewajibanku dulu, seperti menabung, investasi, bayar kredit, asuransi serta kewajiban lainnya, itu aku tuntaskan dulu,” ungkapnya.

“Setelah menyisihkan uang untuk kebutuhan penting, baru sisanya untuk bersenang-senang sehingga nanti kita tidak merasa bersalah,” sambungnya kemudian.

Menurutnya, membereskan segala kewajiban finansial sangat penting. Mengingat banyaknya istilah seperti healing dan self love yang khawatirnya nanti malah akan membuat keuangan menjadi tidak sehat karena pengeluaran yang tidak terkontrol.

Intinya, untuk menghindari stres yang mungkin timbul. Sebisa mungkin jangan sampai kegiatan healing tersebut ada di depan kewajiban.

BACA JUGA: Inilah 3 Tempat Wisata di Solo yang Ramah Anak, Bisa Bermain Sekaligus Belajar!

Tabungan atau Investasi

2. Menyisihkan Penghasilan untuk Rencana Travelling

Ketika ditanya apakah dirinya membagikan penghasilannya ke beberapa tabungan, Kenny mengiyakan hal tersebut. Namun, dirinya juga mengungkapkan tidak memiliki persentase tertentu.

“Tidak baku harus menyisihkan sekian persen untuk pos tertentu. Yang penting ketika kewajiban sudah terpenuhi, juga ketika kita mendapatkan bonus, bisa disimpan ke pos tabungan ataupun investasi,” imbuhnya.

3. Rencana Anggaran

Berbicara soal solo travelling, blogger ternama ini juga mengungkapkan bahwa perencanaan anggaran serta akomodasi adalah hal lainnya yang tidak kalah penting.

Terutama bagi mereka yang baru pertama kali ingin mencoba untuk melancong sendiri, perencanaan dari jauh-jauh hari juga tidak ada ruginya untuk dilakukan.

Misalnya saja adalah untuk mempersiapkan tiket perjalanan dari jauh-jauh hati dengan memilih jenis akomodasi yang bagus.

BACA JUGA: 10 Tips Memilih Hotel Saat Liburan, Dari Harga Sampai Remot TV

Tips lainnya jika ketika ingin melancong sendiri ke negara baru, di saat ingin mampir ke destinasi wisata yang memerlukan tiket masuk, jika memungkinkan, bisa booking sekalian .

Dengan demikian, harapannya pengeluaran ketika di sana nantinya hanya untuk keperluan makan serta belanja.

“Contohnya seperti membeli tiket pesawat dari jauh-jauh hari dengan pilihan perencanaan akomodasi yang oke,” jelasnya.

“Juga ketika ke negara baru, ketika ingin mampir ke destinasi wisata yang memerlukan tiket masuk, jika memungkinkan agar sekalian melakukan booking. Sehingga pengeluaran di sana nanti hanya untuk makan dan belanja,” ujarnya.

Mendapakan Kejutan-kejuatan Selama Perjalanan

4. Tidak Berpatok Pada Rencana Perjalanan

Dirinya menyarankan untuk jangan terlalu memaksakan semua itinerary terpenuhi. Sebaliknya, Kenny justru menganjurkan untuk para solo traveller agar bisa menikmati momen yang ada.

Seperti dengan membiarkan diri untuk menikmati perjalanan serta mendapatkan kejutan-kejutan selama melakukan perjalanan.

BACA JUGA: Tips Membuat Aneka Ragam Kue Lebaran, Salah Satunya Bolu Kukus Black Velvet

5. Lakukan Minimum Sekali Seumur Hidup

Tidak lupa, Kenny juga merekomendasikan semua orang untuk setidaknya pernah melakukan solo travelling sekali dalam hidupnya.

Karena menurutnya, melakukan perjalanan sendiri ke tempat yang baru adalah salah satu bentuk rasa cinta untuk diri sendiri.

Terlebih, saat ini segala hal sudah semakin dipermudah dengan bantuan teknologi serta internet yang memadai di hampir seluruh negara di dunia.

Hal tersebut diyakini olehnya bisa sebagai ajang untuk menyenangkan diri sendiri, memberi waktu untuk diri sendiri yang merupakan bentuk dari mencintai diri sendiri atau self love.

Kalaupun ada sedikit rasa takut, tidak perlu khawatir. Sebab, internet serta teknologi yang ada menurutnya bisa membantu kita untuk mencari destinasi aman dan tentunya nyaman. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait