7 Tips Aman Berwisata di Sungai, Bagaimana Saat Turun Hujan?

Tips Aman Berwisata di Sungai
Ilustrasi. Seorang wanita membaca buku di tepi sungai. (Pixabay.com/silviarita)

TURISIAN.com – Memasuki musim panas, banyak masyarakat yang memilih berlibur ke air. Tips aman berwisata menyusuri sungai pun menjadi salah satu yang penting bisa masuk dalam itinerary.

Memang banyak hal yang menarik melakukan kegiatan pada area sungai, seperti memancing, atau arung jeram. Tapi selain itu, masih ada banyak lagi aktivitas yang bisa menyenangkan selama berada pada kawasan sungai.

Namun, buat kalian yang berencana untuk liburan ke sungai keamanan dan kenyamaan menjadi hal penting yang harus dilakukan.

Faktor keamanan menjadi salah satu prioritas utama untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Meski belum mengetahui secara pasti penyebabnya, baru-baru ini,  Emmeril Khan Mumtadz,  putra pertama Gubernur Jabar Ridwan Kamil  hilang saat berlibur ke sungai Aere, Bern, Swiss, Kamis 26 Mei 2022 waktu setempat.

BACA JUGA: Seindah Apa Sungai Aere Bern, Lokasi Hilangnya Putra Ridwan Kamil

Cari Tau Informasi Kondisi Sungai

Nah, berikut tips aman berwisata menyusuri sungai yang bisa membantu kalian liburan pekan ini:

1. Perhatikan cuaca

Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya kalian memeriksa ramalan cuaca pada lokasi aliran sungai yang akan dikunjungi. Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa menampilkan data prakiraan cuaca pada smartphone.

Jika ramalan cuaca mengatakan bahwa hujan akan turun sepanjang hari pada aliran sungai, maka sebaiknya tunda kunjungan ke sana demi keselamatan.

2. Cari tahu informasi tentang sungai

Sebelum kalian memutuskan untuk berlibur ke sungai, sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu informasi tentang sungai yang ingin kamu tuju tersebut. Termasuk, apa saja kegiatan yang ditawarkan di sungai tersebut. Dengan begitu kalian bisa menyesuaikan kegiatan disana.

BACA JUGA: 10 Tips Memilih Hotel Saat Liburan, Dari Harga Sampai Remot TV

3. Menjaga keamanan

Terkadang sungai terlihat tidak bahaya, tetapi tetap saja sungai memiliki risiko yang tinggi.  Untuk itu, ada baiknya tetap memperhatikan keselamatan saat berada di sungai. Usahakan keselamatan harus selalu berada nomor satu, agar kalian tetap baik-baik saja.

4. Awasi Anak-anak Dengan Ketat

Saat membawa anak berlibur ke sungai, hal penting adalah jangan sampai luput untuk terus melakukan pengawasan. Anak-anak akan bermain dengan asyik di sungai. Kondisi ini seringkali lupa bagi mereka terhadap perubahan air sungai secara tiba-tiba.

Bagaimana saat tiba-tiba turun hujan

5. Tinggalkan Sungai Saat Turun Hujan

Begitu hujan mulai turun, meski gerimis, ada baiknya segera menghindari lokasi sungai untuk memudahkan perjalanan menjauhi lokasi tersebut.

Sebagai contoh jika wisatawan berkunjung ke Grojogan Sewu di Kabupaten Karanganyar, mereka akan sulit jika menghindari lokasi air terjun saat hujan sudah tiba, bahkan saat hujan mulai turun.

“Kalau di Grojogan Sewu, mau lari saja sudah kesulitan. Katakanlah baru gerimis lalu cepat-cepat (lari) bawa kamera ke tempat teduh, itu kesulitan karena (medannya) bebatuan,” kata Anggota SAR HNC Lanud Adi Soemarmo, Daris Gama Wijaya.

BACA JUGA: 9 Tips Praktis Bagi Perempuan yang Ingin Solo Traveling

6. Jangan duduk di tepi sungai saat hujan

Sama halnya dengan menghindari lokasi air terjun, duduk-duduk di tepi aliran sungai pun tidak disarankan saat hujan tiba sebagai antisipasi terjadi banjir bandang tiba-tiba.

7. Gunakan Peralatan yang Berkualitas

Selain faktor lokasi kegiatan yang harus dipelajari, pentingnya menyiapkan dan mengecek peralatan yang akan digunakan. Kalian wajib menggunakan peralatan yang sesuai dan berkualitas.

Artinya, peralatan tersebut haruslah dalam kondisi layak untuk digunakan. Hal ini untuk menghindari risiko bencana atau bahaya yang bisa jadi menimpa saat kegiatan. ***

Pos terkait