Plaza Rengganis Situbondo yang Memesona dan Sarat Nilai Historis

Plaza Rengganis Situbondo
Plaza Rengganis Situbondo. (Source: Dispar Situbondo)

TURISIAN.com – Situbondo di Jawa Timur mempunyai objek wisata memesona yang menyajikan panorama alam eksotis dan sarat akan nilai historis. Tempatnya dikenal dengan nama Plaza Rengganis. Sobat Turisian wajib datang ke sini, buat relaksasi dan berburu foto instagenik.

Plaza Rengganis juga menjadi salah satu destinasi wisata alam unggulan Situbondo. Letaknya berada di kawasan Gunung Argopuro yang merupakan salah satu wisata alam pegunungan. Dengan memiliki banyak puncak dan sejuta pesona yang belum terungkap.

Beberapa puncak di Argopuro mempunyai struktur geologi tua dan sebagian yang lainnya lebih muda. Salah satunya bernama Puncak Rengganis atau Dewi Rengganis yang menjadi lokasi Plaza Rengganis berada.

Puncak Argopuro sendiri berada pada ketinggian kurang lebih 3.088 mdpl. Untuk mendaki hingga sampai ke puncak, Sobat Turisian bisa melewati jalur dari Desa Bederan, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Perjalanan mendaki tersebut akan Sobat Turisian tempuh dalam waktu sekitar 4 jam. Memang melelahkan, namun sepanjang perjalanan akan terobati dengan suguhan pemandangan alam yang memesona. Jalurnya melalui perkebunan damar dan hutan tropis, serta menelusuri jalan setapak.

Setelah melewati perkebunan, Sobat Turisian akan menemui lapangan terbang pada savana bernama Cikasur. Lapangan terbang ini, konon merupakan peninggalan kolonial Belanda yang sarat akan nilai historis.

Baca juga: Kampung Kerapu Situbondo, Tempat Budi Daya Ikan yang jadi Wisata Keluarga

Di spot lapangan terbang ini, Sobat Turisian dapat mendirikan tenda dan bermalam. Saat memasuki pagi hari, Sobat Turisian bisa melanjutkan perjalanan dengan waktu tempuh sekitar 6 jam. Hingga tiba di Puncak Argopuro, Puncak Rengganis, dan Daratan Tinggi Hyang.

Keunikan & Daya Tarik Plaza Rengganis

Di kawasan Gunung Argopuro terdapat area hutan produksi yang di dalamnya masih bisa bertemu aneka satwa liar saat pendakian. Seperti kijang, monyet, babi hutan, burung merak, ular, dan lainnya.

Bila membandingkan puncak-puncak gunung lain di wilayah Jawa Timur, keelokan panorama Puncak Rengganis ini, tidak kalah menariknya. Selain Puncak Dewi Rengganis ini mengandung nilai historis, panorama alamnya pun masih ‘perawan’ dan eksotis.

Di tempat wisata Situbondo ini, Sobat Turisian juga bisa menikmati keindahan dan berbagai keunikan alam lainnya. Seperti bunga-bunga yang berwarna-warni, air yang rasanya asam, manis, asin, serta keunikan lainnya yang tidak masuk akal dalam alam pikiran.

Menurut masyarakat sekitar, Puncak Dewi Rengganis merupakan puncak yang sering memancarkan cahaya dengan warna kebiru-biruan setiap hari-hari tertentu.

Baca juga: Serunya Naik Perahu Layar di Pantai Pasir Putih Situbondo

Selain menikmati panorama alam, di Plaza Rengganis Sobat Turisian bisa sepuasnya berfoto ria dengan latar belakang Gunung Argopuro. Tambah lagi suasana dingin yang membuat nyaman, hingga menjadi pengalaman terbaik dan berkesan berwisata ke lereng Gunung Argopuro, Situbondo.*

 

Pos terkait