Rumah Seni Ropih, Pelopor Penjualan Lukisan di Kawasan Braga Kota Bandung

Rumah Seni Ropih
Rumah Seni Ropih di Braga, Kota Bandung. (Source: bandung.go.id)

TURISIAN.com – Selain menyajikan deretan bangunan heritage dan wisata kuliner, banyak hal lain yang menarik di Jalan Braga Bandung, salah satunya lukisan. Sobat Turisian ketika jalan-jalan di kawasan ini pasti akan menemui banyak penjual lukisan di sepanjang jalan. Pelopornya yaitu Rumah Seni Ropih Bandung. pendirinya seniman asal Bandung, yakni Abah Ropih pada tahun 2000-an.

Sejak masa kolonial Belanda, Braga sudah menjadi pusat keramaian, belanja, hiburan, dan juga seni budaya. Bahkan hingga sekarang, jalan ini pun menjadi objek wisata menarik. Banyak wisatawan mancanegara berkunjung ke kawasan ini.

Banyaknya turis menjadi salah satu pendorong penjual lukisan di Braga bermunculan. Selain faktor keterbatasan biaya untuk mengadakan pameran karya seni buatan sendiri hingga akhirnya mebuat pameran di jalanan.

Menurut Tata (45), pengelola Rumah Seni Ropih menerangkan, penjualan lukisan di Jalan Braga berdasarkan keinginan untuk membuat pameran seni, namun terkendala dana.

Baca juga: Tempat Wisata di Seputar Jalan Siliwangi Bandung yang Menarik Dikunjungi

“Berawal dari niat untuk menunjukkan lukisan sendiri. Namun untuk menunjukkan di pameran saat itu terkendala oleh dana karena pameran memerlukan banyak biaya. Sehingga muncullah ide untuk melakukan pameran di jalanan yaitu di Jalan Naripan depan Gedung Sarinah,” papar Tata dikutip dari laman bandung.go.id.

“Kemudian Abah Ropih mengajak seniman lain untuk ikut menunjukkan dan menjual karyanya hingga merambah di sepanjang Jalan Braga,” tambah dia.

Pedagang & Seniman Lukis di Braga

Hingga akhirnya penjualan lukisan di kawasan Braga Bandung ini pun berkembang dan bertambah para penjualnya. Hingga saat ini terdapat sekitar 10 pedagang lukisan, dengan jumlah seniman hingga ratusan.

Kawasan Braga, Kota Bandung terpilih sebagai tempat berjualan lukisan karena memiliki nilai sejarah bagi seniman di Kota Bandung.

“Pementasan seni pertama di Bandung pun dilaksanakan di Braga, sehingga Abah Ropih memilih Braga untuk berjualan lukisan,” ujar Tata.

Baca juga: Rasakan Sensasi Suasana Pantai di Tiga Kafe Kota Bandung Berikut Ini!

Adanya penjual lukisan di Jalan Braga, Kota Bandung, membuat lebih banyak masyarakat menjadi tertarik dengan lukisan. Bahkan hingga menarik perhatian turis mancanegara, seperti Malaysia, Singapura, hingga Eropa.*

 

Pos terkait