Ragam Keindahan Tepi Pantai di Polewali Mandar Sulawesi Barat yang Bikin Rindu Berat

Sulawesi Barat
Pemandangan Pantai Palippis yang membentang indah di Kabupaten Polewali Mandar Sulawei Barat.(Ksmtour.com/ @ksmtour)

TURISIAN.com – Memiliki bentang alam yang luas membuat Sulawesi Barat mendapat anugerah potensi wisata alam yang beraneka ragam.

Wisata bahari merupakan salah satu aset yang sangat menonjol, karena Sulawesi Barat memiliki banyak pilihan pantai yang mempesona.

Berbicara tentang hal tersebut, kita tentu tidak bisa mengesampingkan sejumlah Pantai ternama Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat yang selalu berhasil mencuri hati para wisatawan.

Berikut merupakan ragam keindahan tepi pantai Kabupaten Polewali Mandar yang  akan memanjakan mata siapapun yang melihatnya.

1. Pantai Mampie

Untuk sobat Turisian yang ingin berlibur ke Polewali Mandar bersama keluarga, destinasi yang satu ini sangat cocok untuk masuk ke dalam daftar tempat yang wajib dikunjungi.

Meskipun tidak memiliki pasir putih, namun suasana akan tetap terasa seru dengan menggelar tikar sambil menikmati kudapan ikan bakar.

Berlokasi pada wilayah Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Keindahannya alamnya masih sangat asri dan terbentang sepanjang lebih dari 3 kilometer.

BACA JUGA: Desa Wisata Tondok Bakaru Dapat Penghargaan ADWI 2021, Sandiaga Beri Pesan Ini

Dan posisinya yang tepat menghadap ke Selat Makassar menjadi alasan tersendiri mengapa objek wisata yang satu ini selalu menjadi pilihan warga dalam mengisi liburan panjang.

Biaya masuk ke Pantai Mampie sangatlah terjangkau, yakni hanya Rp 3.000 untuk orang dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak.

Wahana Banana Boat

Berbagai wahana pun hadir untuk memanjakan para wisatawan. Seperti wahana banana boat, flying fox hingga wisata sambil menikmati eksotisme pantai dengan menaiki perahu.

Bagi yang datang bersama rombongan, bisa mencoba kegiatan bermain voli pantai.

Sementara untuk anak-anak pasti akan gembira ketika bermain di gundukan pasir.

BACA JUGA: Sadar Wisata di Wakatobi  Terus Ditingkatkan, Sandiaga Berikan Pesan Ini

Wisatawan tidak perlu repot untuk menyiapkan bekal makanan dari rumah.

Sebab, di sini pengunjung bisa sesuka hati memilih aneka makanan khas seperti ikan segar yang bisa dinikmati langsung maupun dibakar sendiri.

Puluhan gazebo yang berjajar sekitaran pantai juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk beristirahat. Sambil menyantap sajian yang bisa didapatkan dari para pedagang.

Destinasi yang satu ini biasanya akan dipadati oleh warga terutama saat libur panjang seperti hari raya Idul Fitri.

Ratusan orang akan memadati Pantai Mampie untuk sekedar menikmati suasana dan semilir angin yang berhembus.

Lokasinya berjarak sekitar 9 km dari jalan raya Trans Sulawesi atau sekitar 2 menit perjalanan.

BACA JUGA: Pantai Wantopi Surga Bahari di Buton Tengah Sulawesi Tenggara

2. Pantai Palippis

Destinasi yang satu ini bisa dikatakan sebagai surga bagi para wisatawan pecinta pasir putih.

Berlokasi pada Desa Bala Kecamatan Balanipa atau sekitar 20 kilometer dari Ibu Kota Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Hamparan Tebing Batu Karang

Karakter pantai ini berhadapan langsung dengan laut sebagai pemisah antara Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi dan Pulau Jawa.

Perpaduan tersebut menjadikan pantai ini memiliki  pemandangan laut yang sudah tidak perlu meragukan  lagi keindahannya.

Daya tarik lainnya adalah, terdapat gua kelelawar serta hamparan tebing batu karang.

Gua kelelawar dan tebing batu karang tersebut berada tepat ke atas bukit yang membentang tidak jauh dari lokasi bibir pantai.

BACA JUGA: Pasar Tomohon, Destinasi Wisata di Sulawesi Untuk yang Bernyali Besar

Tebing karang tersebut biasa mendapat sebutan  dengan lawuang oleh warga. Posisinya menghadap ke laut lepas sehingga menyerupai ngarai dengan tinggi mencapai 30 hingga 80 meter.

Dan kerap menjadi  arena untuk panjat tebing bagi kaum profesional.

Wisatawan yang berkunjung juga bisa menyaksikan proses pembuatan perahu sandeq oleh masyarakat asli suku Mandar.

Pihak pengelola juga mendirikan puluhan gazebo sebagai fasilitas penunjang agar wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dengan lebih nyaman.

Datang di waktu pagi atau sore merupakan pilihan yang tepat untuk bisa beraktivitas di pantai. Karena, di saat tersebut panas matahari tidak terlalu terik.

Cobalah bermain dengan gundukan pasir putih yang melimpah, seperti dengan membuat istana pasir dengan anak-anak maupun mencoba berolahraga di tepian pantai. ***

 

Pos terkait