Serba Menarik dan Unik, Berikut Aktivitas Kota Bogor Hingga Penghujung Tahun 2022

Suasana di Tugu Kujang, Kota Bogor, Jawa Barat. Foto: iStock

TURISIAN.com – Kota Bogor kerap menjadi pilihan bagi warga Jakarta yang ingin menghabiskan liburan akhir pekan.

Selain karena hanya berjarak beberapa jam saja, Bogor juga dikenal memiliki sejumlah event seru untuk dinikmati.

Sepanjang tahun 2022 ini pun pemerintah Bogor telah memiliki sederet aktivitas yang akan diselenggarakan di kota hujan tersebut.

Penasaran dengan apa saja? Berikut adalah sederet event menarik yang akan menyemarakkan Kota Bogor hingga penghujung tahun 2022 seperti dikutip Turisian.com dari Disparbud.kotabogor.go.id pada Sabtu, 16 Juli 2022.

BACA JUGA: Menyelami Keindahan Isi Perut Bumi di Museum Tanah dan Pertanian Bogor

Juli

Perlombaan lari ultra marathon An Exotic Ultra Road KRB 200 yang akan diselenggarakan mulai 23 hingga 24 Juli mendatang merupakan lomba lari Ultramarathon Road sejauh 200 km di kawasan Kebun Raya Bogor yang terkenal karena keeksotisan serta sejarahnya.

Ini merupakan edisi kedua setelah sebelumnya lomba yang sama telah sukses diadakan pada Mei 2017 silam.

KRB 200 kali ini nantinya akan terdiri dari empat kategori, diantaranya adalah:

  • Kategori 200 km, 120 km dan 60 km dimulai pada Sabtu pukul 05.30 pagi.
  • Kategori 60 km yang akan dimulai pada pada hari Minggu pukul 06.00 pagi.

Bogor Lookalan Ride

Agustus

Kota Bogor juga memeriahkan bulan penuh semangat ini dengan menggelar festival merah putih. Yakni kegiatan untuk memeriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia melalui acara penaikan dan penurunan bendera Merah Putih di Tugu Kujang.

Kemudian, ada juga event Bogor Lookalan Ride. Yaitu kegiatan bersepeda sejauh kurang lebih 70 km dengan mengelilingi Kota Bogor.

Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan potensi lokal dengan memiliki tantangan yang nantinya akan diarahkan pada beberapa check point di sejumlah tempat pilihan seperti, kampung tematik hingga pusat kreatif.

Menargetkan tidak kurang dari 400 pesepeda, pihak penyelenggara optimis para peserta akan datang dari Jabodetabek, Jabar hingga tingkat nasional.

BACA JUGA : Seru Nih Liburan ke Desa Wisata Mulyaharja Bogor, Banyak Hal Menarik!

Bogor City Jazz

September

Bagi pecinta seni musik pasti akan dibuat hanyut dengan Bogor City Jazz yang rencananya akan diselenggarakan dengan konsep outdoor di Kebun Raya Bogor.

Dibuka untuk umum dan memilih waktu senja untuk menampilkan sejumlah musisi lokal dan nasional.

Selain itu, Konser Nusaountara juga akan hadir dengan memadukan musik modern serta musik tradisional angklung yang rencananya akan bertempat di Alun-alun Kota Bogor.

Oktober

Rangkaian HUT se-Windu Museum Kepresidenan RI Balai Kirti juga akan diselenggarakan dalam rangka memperingati 8 tahun berdirinya museum.

Bagi sobat Turisian yang gemar dengan wisata kuliner pasti akan senang mengunjungi Bogor Breakfast Festival yang nantinya akan diselenggarakan pada 23 Oktober mendatang.

Bertempat di Parkiran Mall Botani Square, siap-siap kalap karena acara ini dikabarkan akan menyajikan menu soto mie bogor sebanyak 5.000 porsi!

BACA JUGA: Mau Cari Tempat Liburan Sekolah ? 13 Wisata Bogor Ini Bisa Jadi Pilihan

Sunda Culture Festival

November

Di bulan November, Cassette Week akan hadir sebagai perhelatan tahunan untuk merayakan format rilisan kaset yang pernah berjaya pada tahun 80 hingga 90-an.

Ini merupakan event wajib bagi para pecinta barang-barang klasik yang ingin sejenak bernostalgia.

Dikenal juga sebagai tanah sunda, bulan November juga menjadi waktu yang dipilih untuk mengadakan Sunda Culture Festival.

Acara ini diselenggarakan sebagai bagian untuk melestarikan budaya Sunda dengan cara menampilkan festival makanan tradisional, tarian, kebudayaan sunda hingga kemasan seni pertunjukan yang sungguh sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Desember

Di penghujung tahun, acara semakin beragam. Diantaranya adalah hadirnya Bogor Clothing Fest.

Kegiatan menarik seperti pameran, pendidikan, bazar, musik dan kuliner yang seluruhnya dikemas secara apik dan diselenggarakan selama 4-5 hari berturut-turut.

Kegiatan ini akan menampilkan hasil karya dari banyak talenta muda anak bangsa dengan target konsumen berusia 14 hingga 35 tahun.

Kemudian Bazar Kebun Raya juga akan hadir untuk menyambut libur natal dan tahun baru.

Program tersebut dilaksanakan dengan melakukan bazar, diskon, hiburan masyarakat hingga atraksi parade kebudayaan di Taman Tematis yang berada di Kebun Raya.

Jadi, pastikan kalian sudah menyiapkan jadwal berlibur selama tahun 2022 di Bogor ya.***

Pos terkait