Ikuti Kemeriahan Event TIFAF 2022 Kalimantan Timur Pekan Ini!

TIFAF 2022
Pawai pada TIFAF 2019 lalu.

TURISIAN.com – Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim) pada pekan ketiga Juli ini akan menggelar event budaya yang sudah menjadi agenda tahunan. Namanya Tenggarong International Folk and Art Festival (TIFAF) 2022. Sobat Turisian wajib nikmati langsung kemeriahannya!

Event TIFAF 2022 ini akan berlangsung pada tanggal 20 sampai 24 Juli 2022. Bertempat di empat lokasi yang berbeda. Dengan venue utama untuk pembukaan di Taman Kota Raja Tenggarong, Kalimantan Timur.

Mengusung tema “Festival Seni Nusantara Untuk Dunia”, TIFAF 2022 bakal ajak Sobat Turisian jalan-jalan di Kutai Kartanegara. Sebab acaranya berlangsung di empat venue yang berbeda sehingga Sobat Turisian akan puas menikmati beragam keseruan di masing-masing venue.

Pemilihan lokasi yang berbeda tersebut, sekaligus bertujuan untuk mempromosikan spot-spot menarik di Kutai Kartanegara. Jadi gelaran ini bisa meningkatkan perekonomian melalui sektor pariwisata.

Empat lokasi TIFAF 2022 tersebut, di antaranya acara pembukaan akan bertempat di Taman Kota Raja dengan latar lampu warna-warni di Jembatan Kartanegara serta area Big Tree. Kemudian berbagai pertunjukan dan pameran berlangsung di Amphitheater Jembatan Kutai Kartanegara, Lapangan Basket Timbau, dan Lapangan Parkir Stadion Rondong Demang.

Baca juga: Berkunjung ke Istana Kutai Kartanegara yang Kini jadi Museum Mulawarman

Perhelatan hasil kolaborasi antara Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara dengan Kemenparekraf ini, menyajikan kesenian rakyat dari berbagai daerah di Indonesia. Hingga tradisi dari beberapa negara lain.

Ragam Acara Meriahkan TIFAF 2022

Kemegahan panggung Tenggarong International Folk and Art Festival (TIFAF) 2022 akan menampilkan kesenian tradisional dan pertunjukan kontemporer. Mulai dari pertunjukan seni tari, seni musik, tradisi unik, pawai kostum, hingga olahraga tradisional. Sobat Turisian bisa menyaksikan dan larut dalam kemeriahannya selama lima hari berturut-turut.

Selain itu, akan ada Expo UMKM yang menjadi spot untuk Sobat Turisian berbelanja produk UMKM lokal. Ada lagi acara pameran permainan tradisional yang akan membawa Sobat Turisian mengenang masa kecil. Sekaligus menjadi obat rindu momen-momen bermain saat kecil dulu.

Kesenian Rakyat 11 Provinsi dan 6 Negara di TIFAF 2022

Di festival ini, Sobat Turisian juga bisa menyaksikan kearifan lokal sekaligus kesenian dari berbagai provinsi di Indonesia dan beberapa negara sahabat. Ada 18 kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara, 10 Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur, dan 11 provinsi di Indonesia yang siap unjuk kepiawaian dalam seni.

Baca juga: Sensasi Berenang Bersama Hiu Paus di Perairan Berau Kaltim

Tambah lagi, ada 6 negara anggota International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Arts(CIOFF) juga siap meramaikan event ini. Sobat Turisian bisa menyaksikan penampilan mereka yang akan tayang lewat video tapping. Kalau penasaran negara mana saja, Sobat Turisian harus datang ke TIFAF 2022.*

 

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel

Pos terkait