Menjelajahi 5 Pulau Eksotik di Belitung dalam Sehari

Belitung
Seorang pengunjung tengah menikmati laut lepas dari bebatuan di Pantai Tanjung Kelayang, Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Foto: Turisian.com/Duta Ilham

TURISIAN.com – Sudah bukan rahasia lagi jika keindahan tak terbendung di Pulau Belitung selalu berhasil memukau banyak mata yang melihatnya.

Banyaknya pilihan wisata alam yang melimpah adalah salah satu alasan mengapa Pulau Belitung selalu berhasil menjadi magnet. Terutama, dalam menarik para wisatawan baik dari lokal maupun mancanegara.

Bagi sobat Turisian yang berencana ingin berlibur ke Belitung, kegiatan menjelajahi 5 pulau paling eksotik dalam sehari bisa menjadi rekomendasi itinerary yang menjanjikan.

Seperti dikutip Turisian.com dari Antaranews pada Minggu, 17 Juli 2022, berikut beberapa 5 pulau yang bisa menjadi referensi liburan saat ke Belitung.

Pulau Batu Garuda

Batuan granit yang berdiri kokoh  pada kawasan ini sekilas menyerupai bentuk kepala burung garuda ketika terlihat  dari Tanjung Kelayang.

Sejumlah pantai  Belitung memang memiliki bebatuan granit yang tingginya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan meter!

BACA JUGA: Pempek Hitam Mak Neng, Kuliner Unik Kekinian di Belitung

Saking tingginya, Pulau Batu Garuda bisa terlihat dengan mata telanjang dari Pantai Tanjung Kelayang. Namun, sayangnya pengunjung tidak boleh  turun ke Pulau Garuda.

Karena pulau ini merupakan rumah bagi terumbu karang yang terlindungi sehingga otoritas setempat pun melarang kapal untuk mendekat.

Kendati demikian, wisatawan bisa meminta kapal untuk berhenti sejenak guna mengabadikan momen indah tersebut.

Pulau Batu Berlayar

Masyarakat setempat mengibaratkan dua batu granit terbesar yang berdiri kokoh pada pulau ini seperti layar kapal.

Berbeda dengan Pulau Batu Garuda, pulau ini pengunjung boleh untuk turun dan melihat batuan granit dari jarak dekat. Tinggi dari batu granit yang cukup landai pun memungkinkan pengunjung untuk bisa berfoto dari atas batu.

Pemandangan tampak atas dari salah satu pulau di Belitung.( Instagram.com/ @explorebelitung)

Namun, wisatawan tetap untuk berhati-hati serta tidak menaiki batuan bagian bawahnya yang terdapat kerang teritip. Sebab, cangkangnya sangat keras dan bisa dengan mudah melukai kulit manusia.

Jika beruntung, wisatawan bisa mendapatkan kerang teritip yang masih berdaging. Salah satu daya tarik di pulau ini adalah pengunjung bisa mencoba langsung kerang teritip yang baru diambil dari batu. Rasanya segar dan asin karena terkena air laut.

BACA JUGA: Hutan Pelawan Namang, Ragam Kekayaan Hayati di Bangka Belitung

Pulau Pasir

Destinasi selanjutnya adalah Pulau Pasir. Jika sedang mujur, pengunjung bisa melihat gusung atau dalam bahasa setempat mengartikannya sebagai pulau pasir yang bisa selama air laut surut bisa menjadi tempar bermain.

Biasanya, jika air sedang pasang surut, Pulau Pasir ini akan bisa bertahan hingga siang hari. Kemudian, jika air pasang gugusan pasir indah ini akan tenggelam.

Menjelajah Pulau Pasir rasanya seperti berjalan ke atas permukaan laut. Karena lebar gusung tidak sampai seratus meter. Maka dari itu pengunjung harus lebih  berhati-hati supaya tidak melangkah ke lokasi yang lebih dalam.

BACA JUGA: Keciput Belitung Dibidik Kemenparekraf Masuk ADWI 2022

Ketika berkeliling, cobalah melihat dengan seksama. Barangkali sobat Turisian berkesempatan untuk melihat bintang laut yang ukurannya melebihi telapak tangan orang dewasa.

Sekedar mengingatkan, alangkah bijaknya untuk memotret bintang laut dengan tetap membiarkan mereka berada pada bawah permukaan air. Sebab, bintang laut tidak bisa bertahan terlalu lama ke luar air laut.

Pulau Lengkuas

Merupakan salah satu pulau terluas  Belitung, dan juga terdapat mercusuar peninggalan zaman Belanda yang berdiri pada tahun 1882.

Meski wisatawan tidak bisa lagi masuk, tidak ada larangan kegiatan berfoto dengan berlatarkan mercusuar tersebut.

Karakter perairan di sekitar Pulau Lengkuas sangat direkomendasikan bagi sobat Turisian yang ingin melakukan aktivitas snorkeling.

Selesai beraktifitas untuk menyelami keindahan biota lautnya, pengunjung bisa bersantai sambil minum air kelapa yang dijual oleh sejumlah pedagang di sana.

BACA JUGA: Puri Tri Agung, Wisata Religi Populer di Bangka dan Simbol Tiga Ajaran Agama

Pulau Kelayang

Kerap dijadikan destinasi untuk menutup petualangan menjelajah Pulau Belitung dalam sehari. Karena selesai berbasa-basah di pulau-pulau sebelumnya, di sini pengunjung berkesempatan untuk menikmati panorama sambil makan di tepi pantai.

Ada banyak pilihan hidangan laut yang dijajakan oleh sejumlah warung makan yang berjajar rapi di pinggiran pantai.

Menunya boleh sederhana, namun rasanya tidak kalah dengan sajian di rumah makan sebab biasanya para pedagang di sini menggunakan pilihan hidangan laut yang segar.

Jika tenagamu masih ada, cobalah untuk menikmati aktivitas lainnya di pulau ini seperti menelusuri goa, snorkeling, kano dan mendayung. ***

Pos terkait