Puri Tri Agung, Wisata Religi Populer di Bangka dan Simbol Tiga Ajaran Agama

Puri Tri Agung Bangka
Puri Tri Agung Bangka. (Turisian/Iwan)

TURISIAN.com – Pulau Bangka tak hanya menyuguhkan destinasi pantai yang memesona. Tapi juga banyak pilihan wisata, ada religi, edukasi, hingga kuliner. Nah untuk wisata religi ada yang menarik untuk Sobat Turisian kunjungi, namanya Puri Tri Agung di Sungailiat, Bangka.

Puri Tri Agung Bangka ini berdiri megah di atas sebuah bukit dengan posisi menghadap ke Laut Cina Selatan. Begitu tiba di tempat ini, Sobat Turisian akan terpukau dengan kemegahan bangunan puri dan pemandangan sekitar yang memesona.

Dasar dari nama Puri Tri Agung berasal dari nama tiga guru besar dari tiga ajaran agama. Yaitu Confucius (Konghucu), Sakyamuni (Budha), dan Lao Tzu (Tao). Puri ini pun dianggap melambangkan tiga ajaran Tri Darma yang terdiri dari aliran Konfutse, Budhisme, dan Taoisme.

Bangunan puri ini menyerupai Pagoda di Thailand. Bergaya arsitektur oriental berbentuk bulat, dengan tinggi sekitar 30 meter.

Baca juga: Menanti Sunset yang Memesona di Pantai Tikus Bangka

Pada bagian halaman depan yang luas, terdapat Patung Budha besar sedang duduk menghadap lautan dan altar berhias dua buah naga. Serta tangga naik menuju puri dari jalan raya di bawahnya.

Sembahyang & Wisata Religi di Puri Tri Agung

Berkat keunikan dan pesona keindahan alam sekitarnya, puri ini selain sebagai tempat peribadatan, juga menjadi destinasi wisata religi populer dan andalan Pulau Bangka. Biasanya ramai pengunjung saat akhir pekan dan hari libur nasional.

Terlebih pada momen hari raya tahun baru Imlek dan perayaan lain, seperti Cap Go Meh, Sembahyang Rebut, dan sembahyang bulan, akan banyak kegiatan berlangsung di sana.

Bagi Sobat Turisian yang hanya berkunjung untuk berwisata, bisa mengabadikan kemegahan puri. Atau berburu foto dengan latar eksotik dan instagenik, tinggal pilih latar foto bangunan puri atau lanskap lautan. Masuk ke tempat ini pun tanpa biaya masuk alias gratis.

Sementara bagi para penganut ajaran Konghucu, bisa melaksanakan ibadahnya di sana. Catatan lengkap dengan foto-foto ajaran Konghucu dan sejarahnya juga terpasang di dinding puri dan pengunjung dapat melihatnya.

Baca juga: Menengok Keindahan Batu Belimbing di Bangka Selatan. Hanya Ada 5 di Dunia!

Kini, puri tersebut menjadi salah satu ikon pariwisata daerah Kabupaten Bangka yang cukup populer dengan sebutan Pagoda. Tak jauh dari puri, Sobat Turisian bisa mampir ke Pantai Tikus untuk menikmati panorama indah dan hamparan Laut Cina Selatan dari atas bebatuan besar alami.

Lokasi & Jam Buka Puri Tri Agung Bangka

Lokasi Puri Tri Agung tersebut terletak di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Berjarak sekitar 20 km dari Kota Pangkalpinang. Tempat ini buka untuk umum setiap hari mulai dari pukul 06.00-18.00 WIB. *

Pos terkait