Yuk Jalan-Jalan ke Monumen Kapal Selam di Surabaya, Buat Tambah Pengetahuan!

Monumen Kapal Selam Surabaya
Monumen Kapal Selam Surabaya. (Source: Disbudporapar Surabaya)

TURISIAN.com – Surabaya yang terkenal sebagai Kota Pahlawan, menyimpan banyak peristiwa dan peninggalan bersejarah. Beberapa di antaranya kini menjadi tempat wisata edukasi dan sejarah yang menarik untuk Sobat Turisian. Salah satunya Monumen Kapal Selam Surabaya.

Monumen Kapal Selam biasa disingkat menjadi Monkasel oleh masyarakat agar mudah dalam penyebutannya. Monumen ini merupakan sebuah museum kapal selam yang terletak di Jalan Pemuda, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. Lokasinya berada di kawasan pusat kota, tepat di sebelah Plaza Surabaya.

Kerennya lagi, monumen ini bukan bangunan yang sengaja dibuat. Namun memang merupakan kapal selam asli, yaitu KRI Pasopati 410 yang sudah tidak beroperasi lagi. Makin seru aja nih buat sobat Turisian lihat dari dekat!

Baca juga: Yuk Nikmati Malam nan Romantis di Surabaya Lewat Wisata Perahu Kalimas!

KRI Pasopati 410 sendiri adalah salah satu armada Angkatan Laut Republik Indonesia buatan Uni Soviet tahun 1952. Kapal selam ini pernah mengikuti dan berperan penting dalam Pertempuran Laut Aru untuk membebaskan Irian Barat dari pendudukan Belanda.

Kapal selam bersejarah ini kemudian dibawa ke darat dan menjadi monumen untuk memperingati keberanian pahlawan Indonesia. Selain itu, di tempat ini Sobat Turisian bisa menyaksikan sebuah pemutaran film, berisi proses peperangan yang terjadi di Laut Aru dulu.

Kondisi di dalamnya pun masih seperti kapal selam yang masih aktif. Jadi Sobat Turisian bisa merasakan suasana asli di sebuah kapal selam. Keren kan Sob!

Saat Sobat Turisian tur di dalam Monumen Kapal Selam Surabaya, akan ada pemandu mendampingi dan turut memberikan informasi seputar museum ini. Menarik buat wisata edukasi sejarah yang menyenangkan, terutama bagi kalangan anak-anak.

Baca juga: 15 Tempat Makan di Surabaya yang Terkenal Enak

Destinasi wisata di Kota Surabaya, Jawa Timur ini buka setiap hari, mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB. Harga tiket masuknya pun cukup terjangkau, hanya sekitar Rp15 ribu per orang.*

 

Pos terkait