Bike Cats Festival, Hadirkan Berbagai Kegiatan, Apa Saja?

Bike Cats Festival
Ilustrasi. Kegiatan bersepeda, sekaligus mengkampanyekan satwa yang dilindungi akan digelar dalam acara Bike Cats Festival, Jumat-Minggu (29-31 Juli 2022). Foto: Dok. B2W Bogor

TURISIAN.com –  Bike Cats Festival, sebuah kegiatan edukasi yang menggabungkan komunitas pesepeda, komunitas konservasi, dan masyarakat umum akan berlangsung pada Jumat-Minggu (29-31 Juli 2022) di Aeon Mall Sentul.

Adalah Bike to Work (B2W) Wilayah Bogor atau Gowel Bogor bersama Forum Harimau Kita dan Sintas Indonesia, menginisiasi terselenggaranya acara dalam rangkaian Bogor Ultra Loop II (BUL II) 2022 tersebut.

Fokus pada sepeda, karena sebagai alat transportasi sederhana memiliki banyak manfaat baik untuk pengendaranya maupun untuk lingkungan.

Bersepeda juga menjadi salah satu solusi perubahan iklim. Olahraga bersepeda pada masa pandemi Covid-19 sudah terbukti menjadi gaya hidup sehat. Utamanya, pada semua kalangan dan lapisan masyarakat.

BACA JUGA: Memilih Sepeda untuk Event Gowes, Simak Edisi Spesial Ini

Begitu pun, momen bersepeda bersama ini biasanya juga digunakan sebagai ajang berdiskusi dan berkegiatan positif untuk konservasi dan lingkungan.

Roni Wang, dari B2W Bogor mengemukakan bahwa pihaknya mengambil  momentum Global Tiger Day sebagai salah satu agenda penting. Kaitannya, dalam mengamkampanyekan satwa yang dilindungi.

“Momentum ini dapat kita manfaatkan sebagai upaya penyadartahuan tentang pentingnya keberadaan satwa liar. Khususnya, pada  habitat aslinya,” kata Roni dalam keterangan persnya yang diterima,  Turisian.com, Kamis 28 Juli 2022.

Satwa eksotis yang dilindungi

Terlebih saat ini,  satwa eksotis yang dilindungi, endemik, dan terancam punah memiliki daya tarik tinggi bagi kalangan artis, pejabat, dan masyarakat umum.

Satwa-satwa tersebut yakni seperti harimau dan macan tutul di Indonesia.

BACA JUGA: Saden Sardiana Puncaki Podium 1 Kategori Seli dalam Gowes Bocimi Loop 2022

Ditambahkan Roni, dalam event kali ini akan ada beberapa agenda yang akan berlangsung. Antara lain,  Bogor Ultra Loop II, dan Festival konservasi dengan target peserta minimal 1000 orang.

Secara keseluruhan kegiatan ini juga  mengkampanyekan gerakan ‘zero waste cycling’. Atau bersepeda dengan meminimalkan sampah terutama sampah plastik.

Bogor Ultra Loop II (BUL II) 2022 sendiri, jelasnya, merupakan event lanjutan dari BUL I Oktober 2021.

Masih dari AEON Mall Sentul City, kegiatan ini terlaksana sekaligus untuk memperingati Global Tiger Day (Hari Harimau Sedunia) dengan judul kegiatan Bike Cats Festival.

Setelah punahnya harimau jawa, macan tutul jawa merupakan satu-satunya karnivora besar yang tersisa pada Pulau Jawa.

“Karenanya, kelestarian macan Tutul Jawa adalah tanggung jawab kita bersama. Dengan event ini kita akan gowes bersama mengelilingi salah satu habitat macan Tutul Jawa pada Taman Nasional Gunung Gede Pangrango sejauh 104 KM dan 2.840 m EG,” paparnta.

BACA JUGA: Peserta Gowes Bocimi Loop 2022 Bergerak di Tengah Hujan Deras, Seperti Ini Suasananya

Exhibition, Booth Konservasi, Permainan dan Lomba

Selain itu, juga ada kegiatan exhibition atau pameran. Dimana, nantinya bakal  dimeriahkan oleh beberapa lembaga konservasi lokal maupun internasional.

Terdapat juga pameran ragam jenis sepeda yang unik dan menarik bagi peserta sepeda. Maupun pengunjung yang datang ke AEON Mall.

Selama tiga hari kegiatan, pameran ini akan terus berlangsung dari pagi hingga malam.

Pada kesempatan tersebut, lembaga konservasi yang turut berpartisipasi dapat mengisi booth dengan informasi tentang satwa liar dan habitatnya.

“Dengan demikian para pengunjung dapat mengenal lebih dekat tentang satwa liar yang ada di Indonesia,” ujar Roni.

Pameran kali ini , pengemasannya dalam bentuk  kegiatan lainnya. Seperti permainan anak dan keluarga, serta lomba mewarnai untuk anak.

Permainan akan berlangsung pada masing masing booth atau  salah satu area Pameran.

Melalui permainan ini, pihaknya berharap dapat langsung berinteraksi dengan para pengunjung yang ingin tahu lebih dalam. Utamanya,  tentang kegiatan konservasi ataupun satwa liar yang ada dalam pameran tersebut.

BACA JUGA: Event Anudax 2022 Sukses Digelar, Respons Positif dan Antusias Peserta Cukup Tinggi

Exhibition Sepeda Onthel dan Penny-Farthing

Terdapat  kurang lebih 14 sepeda onthel yang akan tampil. Seperti  milik Hari Suseno dari Sepeda Onthel Buitenzorg Indonesia.

Acara ini juga berlangsung selama 3 hari bersamaan dengan exhibition dan booth konservasi.

Pengunjung AEON Mall dan para peserta Bogor Ultra Loop II serta Fun Bike dapat menikmati pameran ini.

Tidak hanya sampai disitu, akan ada pula beberapa acara menarik yang berpusat pada panggung utama. Seperti talkshow, dongeng, pemutaran video pendek, serta live music.

“Kegiatan seperti talkshow menjadi ajang untuk kita bertukar pendapat tentang konservasi satwa liar di Indonesia, khususnya kucing liar,” jelas Roni.

“Sedangkan dongeng, pemutaran video pendek, serta live music adalah sarana untuk menyuarakan konservasi satwa liar secara ringan dan menarik,” sambungnya. ***

Pos terkait