Menikmati Pesona Alam Hingga Bertemu Kuda Pacu di Pantai Kalaki Bima

Pantai Kalaki Bima
Aktivitas anak-anak sedang memandikan kuda pacunya di Pantai Kalaki Bima. (wonderfulimage.id)

TURISIAN.com – Selain memiliki wisata Mandalika yang kini kian tenar, Nusa Tenggara Barat (NTB) juga menyimpan objek wisata menarik lainnya yang tersebar di kota/kabupaten. Seperti di Kabupaten Bima, ada destinasi wisata Pantai Kalaki yang menarik untuk Sobat Turisian jajaki.

Pantai yang berlokasi di Desa Panda, Kecamatan Palibelo, tepatnya di kawasan Teluk Bima tersebut, menyuguhkan panorama alam yang indah. Pantainya berpasir putih dengan ombak yang tak begitu besar, jadi Sobat Turisian bisa asyik berenang.

Pesona Pantai Kalaki semakin memukau karena di sekelilingnya Sobat Turisian bisa menikmati panorama alam pegunungan. Tambah lagi dengan momen sunset serta sunrise yang cantik membuat suasananya lebih eksotis dan romantis.

Destinasi wisata Bima ini sangat cocok untuk tujuan berlibur Sobat Turisian bersama keluarga. Bahkan pantai ini sudah lengkap dengan sejumlah fasilitas berupa Taman Wisata Kalaki, yang cukup asri.

Baca juga: Air Terjun Mangku Sakti, Pesona Keindahan di Kaki Gunung Rinjani Lombok Timur

Sekelilingnya banyak pepohonan rindang dan ada pula sarana dan wahana permainan seru yang wajib Sobat Turisian jajal. Seperti waterboom, puluhan gazebo, Uma Lengge (rumah adat Bima), rumah panggung khas Bima, dan pusat kuliner.

Selain itu, di tempat ini sering menjadi tempat berbagai acara pariwisata dan budaya Kabupaten Bima. Antara lain Festival Teluk Bima, lomba renang, Parade Perahu Tradisional, dan pertunjukan budaya lainnya.

Kalau pas beruntung, Sobat Turisian bisa menyaksikan keseruan aktivitas anak-anak dari desa sekitar yang sedang memandikan dan berlatih kuda pacu di pantai. Pemandangan ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Bima.

Lokasi & Rute ke Pantai Kalaki Bima

Pantai Kalaki berlokasi di tempat yang sangat strategis. Tak jauh dari pusat ibu kota Kabupaten Bima. Perjalanan ke destinasi pantai ini, Sobat Turisian hanya akan menempuh waktu sekitar 10 menit dari Kota Bima. Lalu dari Bandara Sultan Hasanuddin Bima membutuhkan waktu 5 menit dan 5 menit dari arena pacuan kuda tradisional.

Untuk menuju ke sana, Sobat Turisian disarankan menggunakan moda transportasi pribadi seperti motor atau mobil karena transportasi umum belum banyak. Jika tidak ada, bisa menyewa tukang ojek atau menyewa mikrolet (bemo).

Baca juga: Keindahan Terasering Sawah Desa Mareje Lombok, Seperti di Ubud Bali

Masuk ke Pantai Kalaki Bima ini, Sobat Turisian bebas biaya masuk alias gratis. Tapi hanya membayar biaya parkir kendaraan.*

 

 

 

Pos terkait