Traveloka Bukukan Kenaikan Traffic Perjalanan Wisata pada April-Mei 2022

Traveloka Bubukan Kenaikan Traffic
Ilustrasi liburan di pantai. Foto: Getty Images/Vladimir Vladimirov

TURISIAN.com – Traveloka bukukan kenaikan traffic pemesanan transportasi sepanjang April hingga pertengahan Mei 2022.

Kenaikan ini dampak oleh kebijakan pemerintah yang memperbolehkan mudik dengan syarat-syarat tertentu.

Untuk pemesanan tiket kereta api,misalnya, meningkat hingga 56 persen, bus dan shuttle (51 persen) dan pesawat (39 persen) setidaknya dengan periode yang sama tahun lalu.

Tren kenaikan pemesanan juga terjadi pada layanan akomodasi yang mengalami peningkatan hingga 32 persen.

Setidaknya jika melihat pada  kuartal 1 tahun ini dengan destinasi favorit untuk menginap meliputi Jakarta, Bandung, Jogja, Surabaya dan Bali.

BACA JUGA: 10 Tips Memilih Hotel Saat Liburan, Dari Harga Sampai Remot TV

Pada periode April-Mei 2022, Traveloka mencatat kenaikan pencarian untuk perjalanan domestik sebesar 51,59 persen. Dan luar negeri sebesar 82,80 persen jika membandingkan dengan  periode Februari-Maret 2022.

Selain layanan akomodasi dan transportasi, layanan Traveloka lain seperti Traveloka Xperience juga mencatatkan pertumbuhan transaksi tertinggi di tahun ini.

Naik hingga tiga kali lipat terutama untuk produk-produk atraksi wisata serta spa dan kecantikan.

Traveloka Eats juga mengalami peningkatan penjualan pada bulan Ramadan hingga 62 persen saat jam buka puasa.

Hal ini berimbas positif terhadap bisnis ribuan mitra Traveloka dan menambah optimisme mereka untuk turut mendukung pemulihan ekosistem pariwisata nasional.

BACA JUGA: Wisatawan Terpaksa Ditampung di Masjid, Gara-gara Hotel Penuh

“Tingginya kenaikan traffic pada berbagai layanan Traveloka selama libur lebaran merefleksikan tingginya minat dan kepercayaan masyarakat untuk kembali melakukan perjalanan wisata secara aman dan nyaman,” paparnya.

Optimistis Pariwisata Nasional Semakin Pulih

“Kami optimis sektor pariwisata nasional akan semakin cepat pulih karena dukungan keberhasilan upaya-upaya penanggulangan pandemi COVID-19 oleh pemerintah. Serta ketaatan masyarakat dalam menjalani protokol kesehatan,” lanjutAlbert, Co-Founder & Chief External Relations Officer, Traveloka dalam keterangannya pada Rabu, 25 Mei 2022.

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memperkirakan potensi perputaran uang di daerah saat libur lebaran mencapai Rp72 triliun.

BACA JUGA: 7 Hotel Paling Artistik di Bandung yang Sangat Instagramable

Angka ini merupakan kontribusi dari 85,5 juta orang yang melakukan aktivitas mudik di tahun ini.

“Dengan situasi pandemi yang semakin terkendali, kami menyambut baik antusiasme masyarakat yang mulai meningkat untuk berwisata kembali,” ujar Albert terkait Traveloka bukukan kenaikan traffic perjalanan wisata.

Traveloka juga siap menjadi ‘teman hidup’ dengan menghadirkan beragam produk dan layanan untuk konsumen, hanya dalam satu aplikasi.

“Traveloka akan terus berperan aktif dalam mendukung kebangkitan industri pariwisata nasional, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku,” sambung Albert. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait