Air Terjun Mangku Sakti, Pesona Keindahan di Kaki Gunung Rinjani Lombok Timur

Air Terjun Mangku Sakti
Air Terjun Mangku Sakti di Lombok Timur, NTB yang memesona. (Source: Dinpar Lombok Timur)

TURISIAN.com – Di balik keindahan Gunung Rinjani, ternyata ada sebuah nirwana tersembunyi, Air Terjun Mangku Sakti yang memesona. Objek wisata yang berada di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat ini seringkali luput dari mata para wisatawan.

Pesona keindahan Air Terjun Mangku Sakti layaknya sebuah telaga kesegaran di kaki Gunung Rinjani. Orang yang pernah berkunjung ke sana banyak yang ketagihan untuk datang kembali. Sobat Turisian pun pasti ikut ketagihan jika sudah datang ke sini.

Ada dua daya tarik utama dari destinasi ini yang dapat memikat hati dan mata Sobat Turisian. Yaitu pesona air terjun ini sendiri dan pemandangan alam sekitarnya.

Dimulai dari ketinggian Air Terjun Mangku Sakti yang mencapai sekitar 44 meter, dengan air yang jernih. Sumber aliran air tersebut berasal dari Danau Segara Anak, yang merupakan danau kawah Gunung Rinjani.

Baca juga: Kalian Wajib Mampir, Ini 5 Destinasi Wisata Lombok yang Sedang Ngehits

Kondisi airnya jernih namun sedikit putih akibat sumber mata airnya yang berasal dari danau kawah Gunung Rinjani. Arus air yang turun ke kolam jatuhannya pun tidak terlalu deras, salah-satunya faktor ketinggiannya. Berbeda dari biasanya, semakin tinggi sebuah air terjun, maka semakin deras juga air yang turun.

Air terjun di Lombok ini, menyajikan pesona keindahan air terjun yang mengalir di antara bebatuan dan material dari Gunung Rinjani. Sehingga wajar saja jika banyak orang yang ketagihan datang ke tempat wisata NTB tersebut.

Pesona Alam Air Terjun Mangku Sakti

Daya tarik yang ke dua berupa keindahan alam sekitar. Bukan hanya sebatas pesona air terjunnya, namun pesona alam sekitar juga mampu memikat mata yang memandang. Istimewanya, saat melewati loket pembayaran saja, Sobat Turisian akan disajikan panorama alam yang indah berupa savana dan perkebunan kopi milik warga.

Jauh lebih indah lagi, saat Sobat Turisian berada di sungai menuju aire terjun tersebut. Air yang mengalir melalui sela bebatuan, berpadu dengan hijaunya pepohonan yang berada di atas sungai menjadi sajian elok kaki Gunung Rinjani.

Baca juga: Gunung Jae, Alternatif Wisata Lombok Selain Pantai

Lokasi destinasi wisata ini berada di Desa Sajang, Lombok Timur. Terletak di daerah Sembalun yang merupakan pintu masuk Gunung Rinjani.*

 

Pos terkait