Disparekraf DKI Tawarkan Segudang Pilihan di Libur Lebaran di Jakarta

Disparekraf DKI
Sarana bermain anak-anak yang terletak di Tebet Eco Park Jakarta.(Instagram /@wagionobustami)

TURISIAN.com – Untuk mengisi libur panjang Lebaran, Disparekraf DKI Jakarta  telah menawarkan beragam pilihan wisata.

Warga setempat serta warga dari luar area Jakarta bisa menikmati ragam wisata kuliner serta taman kota untuk bersenang-senang selama libur Lebaran.

Selain itu, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta juga menawarkan pilihan wisata yang tidak kalah menarik. Seperti wisata belanja hingga wisata edukasi.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata dalam sebuah kesempatan wawancara seperti dikutip Turisian.com- dari Antaranews pada Sabtu, 30 April 2022.

BACA JUGA: Yuk Catat Event Jakarta Mei 2022, Buat Rekreasi Abis Lebaran!

“Di Jakarta itu terdapat banyak pilihan destinasi serta aktivitas wisata yang dapat dikunjungi,” ucap Andhika Permata.

Dari Museum Sampai Taman Kota

Dikatakan olehnya, bahwa saat ini DKI Jakarta memiliki setidaknya ragam museum. Ada juga 120 taman serta hutan kota, taman rekreasi, taman margasatwa, pusat perbelanjaan serta tempat kuliner.

Semua fasilitas itu  siap menyambut warga yang ingin berwisata selama libur Idul Fitri 1442 Hijriah.

Lebih lanjut, Andhika  mengatakan para wisatawan bisa berwisata keliling Jakarta dengan berjalan kaki maupun dengan memanfaatkan armada transportasi bus wisata.

Dan tentunya, seluruh pilihan tersebut bisa dilakukan secara mandiri maupun dengan memanfaatkan paket wisata yang tersedia.

BACA JUGA: Mudik Naik Bus, Ini Daftar Harga Tiket Jurusan Jakarta-Yogyakarta-Solo

Seperti contohnya, museum yang saat ini pengelolaannya berada di bawah Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta,  bisa dikunjungi mulai 3 Mei 2022. Serta museum lainnya yang siap menyambut wisatawan mulai 4 Mei 2022.

Jam Buka Taman Rekreasi di DKI Jakarta

Setelah bersalam-salaman, sobat Turisian tetap bisa merasakan keseruan di sejumlah taman rekreasi di hari libur Idul Fitri.

Contohnya di Tebet Eco Park, Taman Menteng, Taman Ayodya, Taman Langsat, Taman Puring serta Taman Situ Lembang, dan taman-taman tersebut bisa kalian kunjungi pada pukul 07.00 pagi hingga 17.00 sore.

Namun khusus saat hari raya Idul Fitri, taman -taman ini baru bisa beroperasi setelah pelaksanaan shalat Ied.

Sementara itu, untuk Taman Lapangan Banteng, warga DKI Jakarta serta wisatawan lainnya dapat berkunjung mulai di hari kedua Idul Fitri.

BACA JUGA: Art Jakarta Kembali Hadir untuk Menyapa Semua Insan Pecinta Seni Rupa

Selesai menikmati taman kota dengan suasana Jakarta yang lengang, wisatawan kemudian dapat melanjutkan perjalanan untuk menjajaki aneka wisata kuliner di berbagai restoran serta kafe yang tersebar di hampir seluruh pelosok ibu kota.

Bagi yang ingin menjajal wisata bahari pun bisagal. Ting mengunjungi Kepulauan Seribu yang jaraknya tidak terlalu jauh dari wilayah pesisir Jakarta.

Terdapat enam pulau berpenduduk yang bisa kalian singgahi. Lima pulau dengan resort, Taman Nasional Kepulauan Seribu serta Museum Arkeologi di Pulau Onrust.

Masih ada lagi, Pulau Cipir dan juga Pulau Kelor. Semuanya telah bersiap diri menyambut para wisatawan selama libur panjang Lebaran.

Berbagai pilihan aktivitas menyenangkan di air bisa pula dicoba. Mulai dari  snorkeling, menyelam, memancing, banana boat maupun sekadar menikmati keindahan matahari terbenam.

BACA JUGA: Ini Trik Sandiaga Uno Kurangi Pengangguran di Bidara Cina Jakarta

Semua itu, dijamin akan sejenak membuat kalian lupa bahwa masih berada di sekitaran ibu kota.

Sementara itu, dalam mempromosikan destinasi wisata Jakarta selama libur Lebaran, Disparekraf DKI Jakarta telah menggandeng berbagai asosiasi industri pariwisata.

Keterlibatan Asosiasi Pariwisata

Diantaranya adalah Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) serta Perhimpunan Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI).

Selain itu juga turut dilibatkan antara lain Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Jakarta, Asosiasi Perusahaan Penjual Tiet Penerbangan Indonesia (Astindo Jakarta, Perhimpunan Hotel dan REstoran Indonesia (PHRI) Jakarta dan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Jakarta.

BACA JUGA: Yuk Jalan-Jalan ke 4 Museum Seni Rupa di Jakarta! Rekreasi Sekaligus Tambah Wawasan

Melalui jalinan kerja sama tersebut, maka tersedia paket-paket wisata yang menarik perhatian pengunjung. Seperti “staycation” di hotel maupun berkeliling Jakarta dengan cara yang berbeda.

Seperti, melalui tur jalan kaki atau dengan menggunakan armada bus wisata yang disediakan gratis oleh pihak TransJakarta.

Pilihan jenis wisata yang bervariasi tersebut bisa menjadi referensi bagi warga setempat serta wisatawan luar kota yang ingin berkunjung ke Jakarta selama libur Idul Fitri.

Meskipun tempat wisata di ibu kota telah dibuka, penerapan protokol kesehatan tetaplah menjadi prioritas utama. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait