Ide Hampers Lebaran dari Ragam Produk Ekraf Khas Indonesia

hampers lebaran
Hampers atau parcel Lebaran yang terdiri dari aneka kue kering serta perlengkapan sholat.(Instagram /@lambekuliner)

TURISIAN.com – Hari Raya Idul Fitri sudah dekat, tetapi masih bingung ingin memberikan hampers lebaran apa?

Dari pada memberikan hampers Lebaran yang isinya kue konvensional, mari kita mencoba hampers ala aneka produk Ekraf (Ekonomi Kreatif) khas Indonesia.

Sesuai dengan konsepnya, ide aneka produk ekraf edisi Lebaran khas Indonesia ini pilihannya sangat beragam dan semuanya serba unik!

Maka dari itu, cek dulu ide hampers Lebaran berikut ini sebagai inspirasi hantaran di hari raya seperti dikutip Turisian.com- dari Instagram kemenparekraf.ri pada Sabtu, 30 April 2022.

BACA JUGA: Kunjungi Tiga Tempat Wisata Majene Berikut Ini, Biar Liburan Lebaran Makin Seru!

1. Kain tradisional

Bagi para pengusaha ekonomi kreatif. Hampers Lebaran tidak harus selalu berisikan makanan kemasan pabrik maupun sirup botolan yang bisa dengan mudah dijumpai berjajar dengan rapi di pinggir jalan.

Mereka mulai berpikir terbuka dan mengangkat esensi budaya Indonesia lewat hantaran di hari raya. Dan ide hampers kain tradisional pun akhirnya tercipta.

Dijamin, hampers yang diberikan oleh sobat Turisian pasti akan berbeda dari yang lainnya. Karena produk ekraf yang satu ini terbilang masih jarang dijadikan hampers.

BACA JUGA: Catat, Daftar Nomor Telepon Penting Ini untuk Antisipasi Mudik Lebaran

Hampers kain tradisional tentulah akan terlihat lebih mewah bila diisi dengan kain tradisional. Seperti songket Minangkabau, songket Palembang, lurik Yogyakarta, sasirangan Banjar, tenun Lombok hingga kain endek Bali.

2. Kerajinan Rotan

Dari semua jenis kerajinan rotan yang ada. Salah satu kerajinan rotan yang sangat cocok untuk dijadikan hampers adalah rotan khas suku Dayak Bidayuh.

Terdiri dari Base dan Saga. Selain tampilannya yang cantik dan terkesan vintage. Rotan-rotan tersebut sangat bermanfaat karena bisa dipakai untuk keperluan sehari-hari.

Contohnya saja untuk mengangkut barang bawaan seperti makanan ketika kalian hendak pergi piknik maupun tempat menata buah-buahan segar di atas meja.

Mempercantik Dekorasi Interior

3. Lukisan

Biasanya, ketika Idul Fitri tiba setiap rumah nampaknya berlomba-lomba untuk mempercantik dekorasi interior yang berbau hari raya.

Maka, hampers dengan pilihan lukisan bertemakan hari kemenangan rasanya sangat cocok dan bermanfaat bagi penerimanya.

Disamping itu, kegiatan membeli karya lukis dari seniman lokal untuk dipajang di rumah juga bisa sekaligus membantu mereka dalam berkarya.

BACA JUGA: 3 Taman Paling Populer di Bogor Untuk Pilihan Libur Lebaran

4. Kerajinan Kayu

Hampers kerajinan kayu bisa menjadi pilihan yang unik dan antik. Serta tentunya tidak kalah menarik dari hampers kerajinan rotan.

Bahkan, belakangan ini hampers dengan isian kerajinan kayu sudah cukup populer lho.

Biasanya produk kerajinan kayu yang menjadi pilihan adalah aneka peralatan makan seperti mangkuk, sendok, garpu, sumpit, cangkir hingga sedotan.

5. Hijab

Keberadaan hijab sudah pasti selalu diburu oleh hampir seluruh kaum hawa di Indonesia menjelang hari raya.

Semua berlomba-lomba mempercantik diri ketika bertemu sanak saudara, dan hampers hijab rasanya sudah pasti cocok sekali untuk diberikan kepada orang terkasih.

Hampers jenis ini tidak hanya bermanfaat, ragam motif dari perancang lokal juga memiliki desain yang cantik dan tentu saja hal tersebut akan meninggalkan kesan mendalam bagi si penerima hampers.

BACA JUGA: Holding BUMN Farmasi Berangkatkan 626 Pemudik ke Kampung Halaman

Dari Lidah Kucing Hingga Putri Salju

6. Kue Kering dari Pelosok Nusantara

Ini adalah salah satu jenis hampers yang selalu laku keras diperjualbelikan di setiap momen Lebaran.

Hampers kue kering selalu berhasil menjadi favorit untuk diberikan kepada keluarga maupun kerabat, dan biasanya kue kering yang ada di dalam hampers adalah kue kacang, nastar, kastengels, lidah kucing serta putri salju.

Namun, jika kalian ingin memberikan hampers yang sedikit unik dan berbeda, cobalah jenis kue khas dari berbagai pelosok nusantara.

Seperti misalnya, kue sagon dan biji ketapang khas Betawi, kue keciput yang manis dan unthuk cacing khas Jawa Tengah, kue blinjo khas Surabaya, kue satru yang merupakan kue kering khas Probolinggo hingga yang gurih dan renyah seperti kembang goyang.

Dan juga, kalian bisa menempelkan tulisan kecil yang berisikan nama daerah asal dari setiap kue tersebut di bagian atas toples, hal ini bisa membawa kerabat yang menerimanya serasa berpetualang rasa menjelajahi kuliner khas nusantara. ***

 

Pos terkait