3 Taman Paling Populer di Bogor Untuk Pilihan Libur Lebaran

Taman Paling Populer di Bogor
: Aktivitas live music dan live drawing di Taman Corat-coret Bogor merupakan kegiatan rutin yang bisa dijumpai disini. ( Instagram /@tamancoratcoretbogor)

TURISIAN.com – Bagi sobat Turisian yang ingin menghabiskan waktu libur Lebaran, ada taman paling populer di Bogor.  Beberapa taman terbuka di kota hujan itu  sangat direkomendasikan karena family friendly.

Dikenal sebagai kawasan yang asri, ternyata Kota Bogor memiliki setidaknya lebih dari 25 taman kota dengan berbagai koleksi pohon yang rimbun.

Maka, sudah pasti udara di sejumlah taman di Kota Bogor memiliki tingkat polutan yang rendah, pokoknya cocok sekali untuk berekreasi bersama keluarga.

Dikutip TURISIAN.com- dari Instagram @parbudkotabogor pada Jumat, 29 April 2022, berikut adalah tiga rekomendasi taman terbuka paling populer di Kota Bogor:

1. Taman Corat-coret

Aktivitas vandalisme yang terjadi di Bogor semakin meresahkan warga. Banyak sekali fasilitas umum di kota ini yang rusak karena dicoret-coret oleh tangan yang kurang bertanggung jawab. Dan hal tersebut tampaknya telah mencuri perhatian dari pemerintah setempat.

Terbukti dengan berdirinya Taman Corat-coret yang sengaja dibangun oleh Pemerintah Daerah Kota Bogor sebagai salah satu langkah nyata dalam membantu mengurangi vandalisme yang kian mewabah.

BACA JUGA: Ada Resto Yang Lagi Ngehits di Kota Bogor, Apa Itu?

Berlokasi di Jalan Pandu Raya, RT 01 RW 15, Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat dengan luas area sekitar 400 meter persegi.

Karena tujuan dibangunnya taman ini adalah untuk mengurangi tingkat vandalisme. Maka bangunan dindingnya bisa dicorat-coret oleh siapapun tanpa terkecuali.

Taman Dengan Mural

Dengan demikian, masyarakat bisa mengisi dinding di taman dengan mural, lukisan grafiti bahkan sampai tulisan yang bersikan kritik kepada pemerintah.

Selain dinding penuh warna serta makna yang mendalam di baliknya. Taman Corat-coret juga berhasil mencuri tempat di hati warga Bogor karena didukung oleh fasilitas yang memanjakan pengunjung.

BACA JUGA: 7 Tempat Wisata di Bogor yang Menarik Dikunjungi Bersama Keluarga

Seperti diantaranya adalah bangku taman untuk duduk-duduk santai. Lampu jalan sebagai penerangan. Begitu pun, tempat sampah yang banyak tersedia hingga akses khusus untuk pejalan kaki.

Makin betah berlama-lama menikmati suasana taman di tengah Kota Bogor. Tempat ini juga dikelilingi oleh ragam wisata kuliner yang menggiurkan.

2. Taman Heulang

Dalam bahasa Sunda, kata “heulang” memiliki makna “diam dulu. Berdiri diam atau tinggal sejenak”, dan sepertinya kata tersebut memang cocok untuk taman yang satu ini.

Karena suasana asri khas pedesaan yang ditawarkan oleh Taman Heulang yang lokasinya berada persis di samping SMKN 1 Bogor ini dijamin akan membuat kalian terhipnotis. Setidaknya,  untuk diam dan tinggal sejenak menikmati panoramanya.

Sebenarnya, Taman Heulang merupakan proyek revitalisasi pada akhir 2016. Dimana pada awalnya merupakan Lapangan Heulang yang kerap dimanfaatkan oleh warga setempat untuk bermain bola.

BACA JUGA: Curug Cipamingkis, Wisata Alam Bogor Pas untuk Liburan Keluarga

Menikmati Sarana Jogging Track

Memang paling cocok untuk mengunjungi taman ini di pagi maupun sore hari. Kalian bisa sekaligus menikmati sarana jogging track. Berbaur bersama warga yang melakukan senam sehat dan ragam olahraga lainnya.

Bagi yang datang bersama keluarga juga bisa menikmati sarana bermain untuk anak seperti ayunan, perosotan, arena ketangkasan hingga bermain skateboard.

Jangan lupa untuk membawa kamera. Karena disini banyak sekali spot foto yang instagenik dan dijamin akan menjadikan momen berhargamu lebih berwarna.

3. Taman Kencana

Sesuai dengan namanya, spot yang satu ini beralamat di Jalan Taman Kencana, Babakan, Bogor Tengah.

Tempatnya sangat rindang dan dilengkapi dengan banyaknya fasilitas tempat duduk yang tertata dengan sangat rapi, tidak heran jika kawasan andalan Kota Bogor yang satu ini selalu ramai pengunjung, terutama di akhir pekan.

Di balik pesonanya, ternyata Taman Kencana merupakan saksi sejarah dari peradaban di kota hujan ini karena memiliki usia yang terbilang sudah sangat tua.

BACA JUGA: Berkunjung ke Kampung Budaya Sindangbarang, Paling Tua di Bogor

Pertama kali dibangun dari tahun 1927 hingga 1930, proses pembangunan selama 3 tahun tersebut dilakukan bersama dengan pihak pengembangan Kota Bogor, sementara itu proses perencanaan pembangunannya sendiri ternyata sudah dipersiapkan mulai tahun 1917, tempat yang cukup bersejarah bukan?

Kelebihan dari Taman Kencana adalah, ketika kalian berwisata ke sini maka akan bisa merasakan suasana dari kearifan lokal warga Bogor, karena banyak sekali komunitas yang tumpah ruah di hampir setiap sudut taman.

Seperti diantaranya adalah komunitas dari para pecinta fotografi, kate board hingga komunitas musik yang sekedar berkumpul sambil menggelar aktivitas di sana. ***

Pos terkait