Rekreasi ke Pantai Turki Tanah Laut Kalsel yang Asri dan Memesona

Pantai Turki
Pantai Turki di Kabupaten Tanah Laut, Kalsel. (Source: Dispar Tanah Laut)

TURISIAN.com – Berkunjung ke Kalimantan Selatan (Kalsel), Sobat Turisian mesti mampir ke Pantai Turki yang merupakan kepanjangan dari Tungkaran Kiri. Nama tersebut merupakan nama desa tempat pantai ini berada. Lokasinya masuk wilayah Kabupaten Tanah Laut.

Pantai ini tergolong destinasi wisata baru di Kalimantan Selatan, karena baru resmi buka untuk umum pada tahun 2017. Keberadaan tempat ini sebenarnya merupakan pantai pribadi milik keluarga Triswanto. Oleh sebab itu, sebelumnya tidak buka untuk umum.

Namun seiring waktu, sering kali beberapa orang datang ke Pantai Turki untuk berlibur dan menikmati pemandangan. Sehingga pada 2017, pantai tersebut buka untuk umum dan pengelolaan oleh keluarga Triswanto sebagai salah satu objek wisata pantai di Kabupaten Tanah Laut.

Ketika berkunjung ke sini, Sobat Turisian akan terpuaskan dengan keindahan alam tersendiri. Kalian bisa menikmati hamparan pasir putih yang lembut. Deburan ombak yang tidak terlalu besar, tapi beberapa orang sering memanfaatkannya untuk berselancar.

Begitu menjelang sore, pemandangan pantai yang asri akan lebih eksotis. Banyak wisatawan berbondong-bondong untuk mengabadikan momen suasana senja. Tak jarang mereka akan mengantre di satu spot terbaik untuk berfoto dengan latar belakang sunset di Pantai Turki.

Rekreasi di sini pun semakin nyaman, dengan tersedianya banyak tempat bersantai. Terdapat sekitar 8 buah gazebo kecil yang bisa Sobat Turisian manfaatkan untuk bersantai menikmati suasana sekitar.

Baca juga: Tamasya ke Taman Mina Tirta Kabupaten Tanah Laut yang Menyenangkan

Selain gazebo, terdapat pula tempat duduk payung yang bisa Sobat Turisian gunakan untuk berteduh. Kalau kalian ingin lebih rileks lagi, bisa menuju beberapa pondokan kecil di sekitar bibir Pantai Turki. Di situ kalian bisa bersantai sambil memandangi laut lepas.

Sebagai objek wisata, tempat ini pun sudah memiliki fasilitas penunjang yang cukup memadai. Seperti toilet, musala, air bersih, hingga tempat untuk bilas dan ganti. Enaknya lagi, berbagai fasilitas tersebut bisa Sobat Turisian nikmati secara gratis. Sehingga kalian lebih nyaman liburan di sini.

Oh ya, jangan lupa Sobat Turisian untuk berburu foto-foto cantik dan instagenic di setiap sudut Pantai Turki. Kalian bisa pilih latar air laut yang tenang atau di area hamparan pasir putih yang bersih. Bisa juga ambil latar di taman dan sekitar gazebo.

Lokasi Pantai Turki Kalsel

Destinasi Pantai Tungkaran Kiri tersebut berlokasi di Desa Swarangan, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Untuk menjangkaunya, Sobat Turisian bisa menggunakan kendaraan bermotor dari Kota Banjarmasin atau Pelaihari, ibu kota Tanah Laut.

Pantai Turki berjarak sekitar 45 km dari kota Pelaihari ke arah Jorong. Jalan masuknya terbilang lebar dan beraspal sehingga pengguna bus dapat melewatinya. Dari arah Jorong, Sobat Turisian bisa terus lurus hingga menemukan SPBU Jorong.

Baca juga: Gunung Kayangan Tanah Laut Sajikan Pemandangan yang Memanjakan Mata

Dari situ, Sobat Turisian ambil belokan ke kanan dan terus lurus hingga bertemu dengan gerbang kecil yang bertuliskan “Pantai Turki”. Setelah itu, kalian dapat mengambil arah ke kiri dan lurus saja mengikuti rute jalan.*

Pos terkait