Memanjakan Diri dengan Berlibur di Pantai Sunari Kepulauan Selayar

Pantai Sunari
Pantai Sunari di Kepulauan Selayar, Sulsel. (Source: Disparbud Kep. Selayar)

TURISIAN.com – Memanjakan diri di destinasi wisata pantai memang menjadi pilihan terbaik untuk menghabiskan masa liburan. Hal ini bisa Sobat Turisian lakukan di Pantai Sunari (Sunari Beach) Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Objek wisata pantai yang satu ini terletak di Dusun Tile-tile, Kecamatan Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Berjarak sekitar 15 km arah selatan kota Benteng, ibu kota Selayar. atau kurang lebih 30 menit perjalanan, menggunakan kendaraan motor atau mobil.

Jalur dari Kota Benteng menuju Pantai Sunari merupakan jalan utama yang melintasi Pulau Selayar, sehingga kondisi jalannya sangat mulus dan terawat. Jika ingin suasana lebih berkesan, Sobat Turisian bisa menggunakan roda dua.

Di sepanjang jalan kalian akan melewati beberapa perkampungan dengan rumah panggung yang berjejer di kanan kiri jalan. Sehingga perjalanan akan lebih menyenangkan dan tidak terasa.

Begitu tiba di lokasi, Sobat Turisian bakal melihat suasana asri dari Pantai Sunari yang penuh pohon kelapa berbaris di hampir seluruh wilayah pantai. Tambah lagi semilir angin pantai dan suara gesekan daun kelapa tertiup angin laut yang membuat nyaman.

Baca juga: Refreshing ke Pantai Karang Indah di Kepulauan Selayar

Walau berpasir kelabu, namun tempat ini tetap menyuguhkan daya tarik yang luar biasa. Pengelola membersihkan kawasan pantai secara rutin, sehingga bebas dari sampah dan kotoran.

Kondisi laut dan pantai yang terawat, membuat aktivitas berenang dan bermain di Pantai Sunari tentu akan lebih mengasyikkan. Terlebih beberapa fasiltas seperti balon pantai, ban renang dan alat snorkeling sudah tersedia dengan tarif tertentu yang tidak menguras kantong.

Selain itu, pengelola juga menyediakan buah kelapa muda langsung dari pohonnya buat Sobat Turisian yang ingin minuman segar. Harga jual kelapa tersebut pun masih terjangkau.

Fasilitas & Harga Tiket

Kawasan Pantai Sunari yang mengusung konsep ekowisata tersebut, sudah memiliki fasilitas penunjang lainnya. Di antaranya bangku dan meja di beberapa sudut yang memakai bahan dari alam. Lalu ada area parkir, tolilet, penginapan, dan lainnya.

Di dalam area pantai sudah tersedia beberapa unit bungalow bergaya rumah panggung khas Kepulauan Selayar. Agar liburannya lebih tenang dan privat, kalian bisa memilih menginap di bungalow tersebut. Tarif satu kamar bungalow di Sunari Beach sekitar Rp400.000 per malam.

Baca juga: Inilah Deretan Jajanan Pasar Khas Selayar yang Patut Kalian Coba!

Sementara jika hanya menyinggahi Pantai Sunari dalam waktu singkat, setiap pengunjung mesti bayar biaya masuk sebesar Rp10.000. Dengan biaya itu, sudah bisa menikmati suasana di dalam lokasi dengan hamparan pasir berwarna sedikit kelabu.*

 

Pos terkait