Deretan Spot Menyelam Kepulauan Selayar dengan Pesona yang Aduhai

Spot Menyelam Selayar
Spot Menyelam Selayar. (Source: Disparbud Selayar)

TURISIAN.com – Selain objek wisata pantai, alam bawah laut Kepulauan Selayar juga tak usah Sobat Turisian ragukan lagi soal keindahannya. Hingga melahirkan banyak spot diving atau menyelam di Selayar yang bisa Sobat Turisian nikmati. Khususnya bagi kalian yang senang melakukan kegiatan di bawah laut.

Sebagai daerah kepulauan, Selayar di Sulawesi Selatan memiliki banyak spot penyelaman yang memberikan garansi kepuasan bagi para penikmat panorama bawah laut. Spot menyelam Selayar yang paling terkenal tentu saja kawasan Taman Nasional Takabonerate. Di lokasi yang sekarang menjadi cagar biosfer dunia tersebut, terdapat beberapa spot menyelam dengan pesona alam yang aduhai.

Paling ideal, Sobat Turisian bisa pilih menyelam di Pulau Rajuni, Tinanja, Tinabo Slope, Belang-belang, dan Latondu Wall. Di Takabonerate sangat terkenal dengan terumbu karang yang indah dan ikan-ikan koral dengan bentuk dan warna yang sangat menarik.

Baca juga: Menyelami Keindahan Alam Pantai Pinang Selayar

Spot Takabonerate sendiri merupakan salah satu atol terbesar di dunia yang menawarkan pesona luar biasa. Kalau Sobat Turisian belum memiliki sertifikat menyelam, cukup dengan aktivitas snorkeling saja. Kalian sudah bisa menikmati pemandangan bawah laut yang tidak kalah dengan yang ada di Bunaken, Wakatobi, dan Raja Ampat.

Spot Diving Selayar di Pantai Timur & Barat

Bergeser ke pantai Timur Selayar daratan, terdapat spot menyelam yang tak kalah indahnya. Di antaranya spot yang penyelam sebut sebagai Magic Wall, Bulo-Buloang, Cave Lobster dan Seafan Corner. Di pantai timur terdapat schooling ikan yang banyak, biota bentos yang unik-unik seperti bintang laut dan teripang.

Sobat Turisian juga bisa bertemu Seafan beraneka ukuran dan aneka Sponge di pantai timur Selayar ini. Schooling ikannya, antara lain dari dari species Fusilier contohnya spesies Pterocaesio tile (Bluestreak Fusilier), Wrases, dan banyak sekali ikan dari famili Butterflyfish seperti Pyramid Butterflyfish dan Longnose Butterflyfish.

Baca juga: Selain Pantai Indah, Kepulauan Selayar Punya Kesenian Dide yang Menarik

Lanjut lagi ke wilayah Pantai Barat Selayar, meliputi spot menyelam Tambolongan Reef, Manta Pont 2, Black Forest, Pasi Reef, Black Ray, Taka Beni, Balagnipa, beberapa spot di Gusung dan kampung Batangmata. Di pantai bagian barat, spot menyelam Selayar cenderung landai dengan aneka satwa. Seperti siput laut dan terkadang hiu yang melintasi titik penyelaman. Banyak pula terlihat penyu, ikan duyung atau dugong, serta ikan pari raksasa.*

Pos terkait