Festival Pesona Perairan Diusulkan Masuk Kalender Tahunan Pariwisata

Festival Pesona Perairan
Ilustrasi. Festival Kota Baubau,Sulawesi Tenggara (Sultra). (Pixabay.com)

TURISIAN.com – Festival Pesona Perairan Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) diusulkan bisa masuk dalam dalam kalender tahunan sektor pariwisata.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kota Baubau LM Idrus Taufik Saidi dalam keterangan persnya, Senin 17 Oktober 2022.

Menurutnya, dalam Festival Pesona Perairan tersebut, terdapat sejumlah kegiatan lomba maupun tradisi masyarakat pesisir sekitar.

Seperti,  lomba perahu hias, lomba memancing, kuliner tradisional, dan ragam lainnya.

BACA JUGA: Jelajah Wisata Puncak Masalili Sulawesi Tenggara yang Bikin Takjub

Dimana, semua itu  mencerminkan Baubau sebagai wilayah bahari dan lekat dengan kearifan lokal masyarakat pesisir.

Ditambahkan Idrus, rencana tersebut merupakan salah satu masukan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Penyampaian keinginan tersebut muncul saat pengusulan proposal kegiatan Festival Pesona Perairan Kota Baubau yang telah terlaksana beberapa hari lalu.

Dan menjadi rangkaian Haroana Baubau, memperingati HUT Kota Baubau tahun 2022.

BACA JUGA: Trip Seru ke Pantai Kampa, Hidden Gem Pulau Wawonii Sulawesi Tenggara

“Kita coba buat dalam rangkuman kalender kegiatan dalam satu tahun mulai Januari-Desember. September lalu kami mengirimkan proposal kepada Kementerian dan diapresiasi,” jelasnya.

“Namun, juga diberikan petunjuk sebaiknya untuk tahun-tahun ke depan dibuatkan kalender kegiatan. Kemudian dimasukkan dalam agenda Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” sambungnya.

Organisasi Perangkat Daerah

Menurut dia, memasukkan Festival Pesona Perairan Kota Baubau ke dalam kalender pariwisata tahunan tentu memerlukan dukungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

BACA JUGA: Menyantap Sate Pokea, Sate Kerang Air Tawar Khas Sulawesi Tenggara

Paling tidak,  agar kegiatannya dapat lebih menarik dan lebih ramai pengunjungnya.

“Kami berharap nanti ada kesepakatan dengan para kepala OPD agar kita buat dalam rangkuman kalender kegiatan satu tahun,” ujar Idrus Taufiq Saidi.

Sementara itu, Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse saat menutup Festival Pesona Perairan Baubau belum lama ini mengemukakan melihat tingginya antusias masyarakat.

Khususnya, pada perayaan Hari Jadi Baubau 2023, pihaknya akan mewajibkan seluruh OPD, Kecamatan, dan Kelurahan untuk terlibat sebagai peserta.

“Dengan dilibatkannya seluruh jajaran Pemkot Baubau, akan menjadi momentum sekaligus lebih mengukuhkan wilayah ini sebagai kawasan maritim,” kata wali kota. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait