Jalan-jalan Akhir Pekan ke Curug Bayan Banyumas yang Bikin Betah

Curug Bayan Banyumas,
Curug Bayan Banyumas, Jawa Tengah. (Source: Dinporabudpar Banyumas)

TURISIAN.com – Curug Bayan merupakan salah satu objek wisata alam yang wajib Sobat Turisian kunjungi saat berlibur di Banyumas. Lokasinya terletak di Desa Bayan, Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Destinasi wisata Banyumas yang satu ini terkenal dengan pesona keindahan dan suasana kawasan yang bikin betah. Ketinggian air terjun ini sekitar 60 meter dengan air yang jernih dan segar yang berasal dari aliran Sungai Serayu. Di sekitar air terjun, terdapat hutan yang rimbun dan pepohonan besar yang memberikan nuansa alam nan asri dan menyegarkan.

Bukan hanya menikmati keindahan alam saat berkunjung ke Curug Bayan, namun Sobat Turisian juga dapat melakukan aktivitas yang seru dan menyenangkan. Seperti berenang, mandi di bawah air terjun, atau trekking di sekitar area air terjun. Kalian pun dapat menikmati keindahan alam sekitar dari atas puncak air terjun dengan pemandangan yang menakjubkan.

Buat Sobat Turisian yang ingin menuju ke objek wisata curug ini, dapat menggunakan kendaraan umum. Seperti bus atau travel dari terminal bus di Banyumas menuju ke arah Kecamatan Sumpiuh. Setelah sampai di Desa Bayan, kalian dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 1,5 km menuju air terjun.

Baca juga: Baron Forest Adventure, Spot Camping dengan View City Light Banyumas

Curug Bayan menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menarik di Banyumas dan Jawa Tengah. Jika Sobat Turisian berkunjung ke Banyumas, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi air terjun ini dan menikmati keindahan alamnya yang memukau.

Berbagai Fasilitas di Curug Bayan

Tempat ini menawarkan wisata alam yang indah dan memesona. Meskipun terletak di area pegunungan yang cukup terpencil, Sobat Turisian tetap dapat menikmati fasilitas yang tersedia di sekitar curug tersebut.

Di antaranya, area parkir yang cukup luas, beberapa tempat Istirahat yang lengkap dengan kursi, meja, dan tenda untuk melindungi dari terik matahari atau hujan. Kemudian sudah tersedia sejumlah warung makan di sekitar Curug Bayan. Mereka menyajikan berbagai menu makanan dan minuman.

Fasilitas berikutnya, terdapat kamar mandi untuk membersihkan diri setelah berenang atau mandi di air terjun. Ada pula fasilitas Pemandu Lokal yang siap membantu memberikan informasi lebih dalam tentang curug tersebut dan sekitarnya.

Sobat Turisian juga bisa menyewa pemandu lokal yang akan membantu dalam aktivitas menjelajahi area sekitar Curug Bayan. Serta memberikan informasi tentang keindahan alam di sekitar Curug Bayan.

Baca juga: Serunya Rekreasi dan Berkemah di Germanggis Banyumas

Meski sejumlah fasilitas di sekitar objek wisata air terjun ini terbilang sederhana. Tetapi Sobat Turisian tetap dapat menikmati keindahan alam yang menakjubkan. Plus suasana yang damai dan tenang yang cocok untuk liburan keluarga atau healing.*

Pos terkait