Wisata Lereng Kelir Semarang Suguhkan Pemandangan yang Aduhai

Wisata Lereng Kelir
Wisata Lereng Kelir di Kab. Semarang, Jateng. (Source: Pemkab Semarang )

TURISIAN.com – Liburan di Kabupaten Semarang cukup menyenangkan karena Sobat Turisian bisa mengeksplorasi banyak objek wisata yang menarik. Seperti salah satunya kawasan Wisata Lereng Kelir yang menyuguhkan pemandangan alam yang aduhai.

Di objek wisata alam yang satu ini, Sobat Turisian akan menemukan gardu pandang yang menjadi daya tarik utamanya. Di spot tersebut kalian bisa menikmati keindahan alam yang memesona dari atas ketinggian. Plus udara yang sejuk khas pegunungan menambah betah.

Gardu pandang Wisata Lereng Kelir berada di atas bukit dengan ketinggian 1300 mdpl. Hingga tak heran saat Sobat Turisian naik gardu tersebut tampak view alam yang luas sejauh mata memandang. Kalian pun bisa melihat panorama Danau Rawa Pening, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Telomoyo, Gunung Ungaran, Gunung Merbabu. Serta lanskap kota-kota di sekitarnya seperti Ambarawa dan Salatiga.

Bagi yang ingin bermalam di destinasi wisata Kabupaten Semarang ini, bisa dengan kegiatan berkemah. Tidak jauh dari lokasi gardu pandang sudah tersedai camping area dengan luas sekitar 600 meter persegi. Tempat ini memang pengelola siapkan bagi wisatawan yang ingin camping atau sekadar ingin menikmati suasana malam hari di area puncak.

Aktivitas Wisata di Lereng Kelir

Sobat Turisian pecinta wisata selfie pun bakal puas berada di Wisata Lereng Kelir ini. Pasalnya sudah terdapat banyak spot swafoto atau selfie dengan latar keindahan alam sekitar yang memukau.

Baca juga: Bukit Cinta Ambarawa, Spot Terbaik Menikmati Keindahan Rawa Pening Semarang

Kalau sudah puas berburu foto, Sobat Turisian bisa beristirahat di kedai kopi Hilside Caffe Lereng Kelir yang pengelolaannya oleh pemuda setempat. Di sini kalian bisa santai nongkrong menyeruput kopi panas sembari menikmati pemandangan sekitar.

Ada beberapa aktivitas wisata yang lain dan dapat Sobat Turisian lakukan di Wisata Lereng Kelir Semarang. Di antaranya trekking dan hiking melalui jalur-jalur yang telah tersedia. Kemudian bisa mencoba kegiatan outbond karena ada banyak tempat outbound yang menyenangkan di sini. Seperti flying fox, wall climbing, dan paintball.

Untuk menambah wawasan, Sobat Turisian bisa mampir ke spot agrowisata kebun teh dan pertanian sayur mayur. Di situ kalian dapat menikmati keindahan alam sembari belajar mengenal lebih dalam tentang pertanian dan peternakan di sana.

Lokasi & Akses ke Lereng Kelir

Daya tarik wisata tersebut berlokasi di Dusun Gertas, Desa Brongkol, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Sobat Turisian bisa menjangkaunya dari pusat Kota Semarang dengan waktu tempuh kurang lebih dua jam.

Baca juga: Berburu Keindahan Sunrise di Puncak Gunung Telomoyo Semarang

Sesampainya di lokasi parkir Wisata Lereng Kelir, Sobat Turisian harus berjalan kaki dan mendaki selama 1,5 jam melalui Dusun Gertas. Sehingga sebelum berangkat ke sini, kalian mesti menyiapkan fisik yang prima.*

 

 

Pos terkait