5 Oleh-Oleh Khas Banyumas, Nomor 5 Legendaris!

Oleh-oleh Khas banyumas
Jenang Jaket, makanan sekaligus oleh-oleh khas Banyumas.

TURISIAN.com – Berlibur atau mampir ke suatu daerah tak lengkap rasanya jika tak mencari oleh-oleh khas berupa makanan. Karena hampir semua daerah di Indonesia ini memiliki ragam makanan khas yang enak dan sayang untuk Sobat Turisian lewatkan. Seperti oleh-oleh khas Banyumas yang didominasi camilan khas nan lezat dan otentik.

Nah berikut ini ada 5 rekomendasi oleh-oleh khas Banyumas. Buat bekal Sobat Turisian jika berkunjung ke daerah ini atau mampir kala melewati jalur selatan Jawa Tengah.

1. Jenang Jaket

Nama unik makanan ini kependekan dari “Jenang Asli Ketan”. Jenang merupakan makanan tradisional khas Banyumas yang jarang sekali bisa Sobat Turisian jumpai di kota lain.

Jenang Jaket termasuk makanan kecil yang biasanya dapat dijumpai di acara hajatan atau acara tertentu sebagai hidangan dan juga sebagai oleh-oleh dari Purwokerto.

Makanan khas Banyumas ini terbuat dari tepung ketan, gula merah, dan santan kelapa yang diolah sedemikian rupa. Terdapat dua varian yang bisa Sobat Turisian coba, ada jenang yang menggunakan wijen dan tanpa wijen atau polos.

Baca juga: Menyegarkan Mata dan Tubuh di Wanasuta Dermaji Banyumas

Saat berkunjung ke Banyumas, Sobat Turisian dapat menemukan oleh-oleh ini di sentra pembuatan Jenang Jaket di Jalan PKK Mersi Purwokerto Timur dan di semua pusat oleh-oleh khas Banyumas.

2. Nopia

oleh-oleh khas banyumas

Oleh-oleh tradisional khas Banyumas berikutnya yaitu Nopia, yang termasuk makanan jadul tapi masih populer hingga kini. Nopia ini dibuat dengan isian khas Jawa, yaitu gula merah dan bawang merah goreng.

Masyarakat Banyumas biasa menyebut Nopia dengan istilah “Ndog Bledeg”, karena bentuknya yang lonjong menyerupai telur dengan ukuran yang cukup besar. Nopia memiliki beberapa varian rasa, antara lain pandan, coklat, durian, gula merah, bawang goreng, dan masih banyak lainnya.

Camilan asli Banyumas ini sangat cocok Sobat Turisian nikmati dengan secangkir teh hangat atau kopi panas. Bila Sobat Turisian tertarik membelinya sebagai oleh-oleh khas Banyumas, bisa langsung datang ke pusat pembuatan Nopia di Desa Pekunden, Kecamatan Banyumas.

Desa tersebut terkenal sebagai ‘Kampung Nopia Mino: Wisata Home Industri’. Lokasinya di Sawah, Pekunden, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

3. Klanting

oleh-oleh khas banyumas

Klanting merupakan makanan khas Banyumas hasil kreativitas masyaralat setempat dalam mengolah singkong. Bahan singkong tersebut diolah dengan campuran berbagai bumbu menjadikan cita rasa klanting ini begitu sangat lezat dan gurih. Oleh-oleh khas Banyumas ini memiliki bentuk bulat mirip seperti cincin.

Baca juga: Serunya Main Sampan di Telaga Kumpe Banyumas yang Indah, Pas Banget Buat Liburan Keluarga

Sobat Turisian bisa membeli klanting di pusat oleh-oleh dan supermarket. Salah satunya yang berlokasi di Jl. Situmpur, Karangbawang, Purwokerto Kulon, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

4. Keripik Tempe Banyumas

oleh-oleh khas banyumas

Keripik tempe khas Banyumas terbuat dari bahan baku yang sama dengan mendoan, berbahan baku kedelai. Berupa lembaran tempe tipis berbentuk segi empat.

Proses pembuatannya pun sama juga dengan pembuatan mendoan, hanya saja beda cara penggorengannya. Oleh-oleh Banyumas yang satu ini digoreng dua kali hingga tempe menjadi kering dan renyah.

Selain dapat dihidangkan sebagai makanan ringan atau snack, keripik tempe ini juga dapat Sobat Turisian makan sebagai lauk pengganti kerupuk. Keripik tempe ini sangat cocok untuk oleh-oleh karena dapat bertahan dalam waktu yang relatif lama.

Untuk membelinya, Sobat Turisian dapat datang langsung ke toko pusat oleh-oleh dan supermarket di Banyumas. Salah satunya di Jl. Mayjend Sutoyo No.21, Sawangan, Kedungwuluh, Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

5. Getuk Goreng

Getuk goreng sokoraja

Nah oleh-oleh khas Banyumas yang terakhir ini, merupakan makanan legendaris dan paling populer di Banyumas. Ya, Getuk Goreng namanya, camilan manis dan gurih berbahan singkong yang sudah ada sejak 1918 dan masih bertahan hingga kini. Hebat kan Sobat Turisian!

Ada yang unik dalam lahirnya getuk goreng. Camilan khas Banyumas ini muncul secara tidak sengaja oleh Bapak Sanpirngad. Karena cita rasanya lezat dan gurih akhirnya getuk goreng menjadi salah satu oleh-oleh andalan dari Banyumas, tepatnya di daerah Sokaraja.

Baca juga: Getuk Goreng Sokoraja, Camilan Manis Legendaris dari Banyumas

Dari pertama kali ada, rasa orisinil dari getuk goreng hanya manis legit gula jawa. Namun seiring berkembangnya zaman, kini pengolahan getuk goreng kian menarik dengan menambahkan varian rasa yaitu rasa coklat, nangka, durian, dan lainnya.

Gethuk goreng mempunyai pengemasan yang menarik dan unik dengan menggunakan besek kecil yang menambah ciri khas tersendiri. Sobat Turisian bisa membelinya di lokasi Jl. Suparjo Rustam No.90, Dusun II, Sokaraja Kulon, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.*

 

 

 

Sumber & Foto: Disporabudpar Banyumas

 

Pos terkait