Terpesona Keindahan Panorama Alam di Gunung Besek Wonogiri

Gunung Besek
Gunung Besek Wonogiri, Jateng. (Source: TIC Wonogiri)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian yang suka berpetualang di alam bebas dan menikmati panorama alam dari ketinggian, wajib berkunjung ke Gunung Besek di Wonogiri. Dari atas gunung ini, kalian bisa menikmati alam nan indah sejauh mata memandang.

Meski berbeda dengan gunung-gunung lain di Jawa Tengah yang punya ketinggian hingga ribuan meter, gunung ini hanya setinggi 850 mdpl. Namun sajian keindahan alamnya tak kalah memukau. Sangat cocok untuk para pendaki pemula.

Gunung Besek menyuguhkan bentangan panorama alam yang sangat indah. Bakal memenjakan mata Sobat Turisian hingga membawa pikiran lebih tenang dan rileks. Sangat pas buat tempat healing atau melepas rasa penat setelah beraktivitas di perkotaan.

Nama Gunung Besek tersebut berasal dari penglihatan sebuah batu di puncak gunung yang menyerupai besek bambu. Titik batu inilah yang menjadi spot terbaik menyaksikan keindahan alam sekitar kawasan ini. Tetapi Sobat Turisian mesti ekstra hati-hati berada di batu tersebut.

Sebelum tiba di batu yang ada di puncak gunung Wonogiri ini, Sobat Turisian juga harus berhati-hati. Karena akan melewati track atau lintasan yang umumnya berupa bebatuan licin dan jurang yang curam.

Setelah tiba di puncak Gunung Besek, Sobat Turisian akan menemukan banyak kumpulan bebatuan yang menjadi tempat berpijak untuk menikmati pemandangan di sekitar. Rasa kagum dan haru akan menyusul berdatangan di benak kalian karena pesona alam ciptaan Tuhan yang tiada duanya tampak di depan mata.

Baca juga: Telaga Rowo Wonogiri, Pilihan Pas Buat Liburan Akhir Pekan Kalian!

Belum lagi luasnya langit biru yang berpadu dengan gumpalan awan putih, menambah pesona dan nuansa eksotis objek wisata alam yang satu ini. Lebih asyik lagi di kala senja tiba, Sobat Turisian akan semakin jatuh cinta pada tempat ini karena view sunsetnya yang menakjubkan.

Ketika berada di puncak Gunung Besek ini, Sobat Turisian jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen keindahan alam tersebut dengan berfoto ria. Tetapi kalian harus tetap waspada karena lokasi bebatuan ini berpapasan langsung dengan jurang.

Lokasi & Akses ke Gunung Besek

Objek wisata gunung tersebut berlokasi di Dusun Setren, Desa Bugelan, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Berjarak sekira 60 km dari pusat ibu kota Wonogiri.

Sobat Turisian dapat menjangkau Gunung Besek melewati jalur utama Wonorigi-Ponorogo sejauh 44 kilometer untuk mencapai Kecamatan Purwontoro. Lalu teruskan ke Kecamatan Kismantoro dengan bergerak ke arah selatan malalui Jalan Purwantoro-Kismantoro.

Begitu masuk Desa Bugelan perjalanan Sobat Turisian akan segera sampai. Selanjutnya kalian akan menyusuri jalan setapak dengan mengikuti papan tanda arah yang akan menjadi pemandu menuju puncak gunung.

Baca juga: Pantai Nampu Wonogiri, Panorama Alamnya Indah Bikin Betah

Sebagai informasi, di kawasan wisata Gunung Besek sudah terdapat pedagang makanan. Namun warung-warung ini sering tutup, sehingga sebaiknya kalian juga mesti bawa perbekalan makanan dan minuman sendiri.

Satu lagi perlu kalian ingat, jangan membuang sampah sembarangan ya, Sob! Biar kelestarian alamnya tetap terjaga.*

Pos terkait