Telaga Rowo Wonogiri, Pilihan Pas Buat Liburan Akhir Pekan Kalian!

Telaga Rowo Wonogiri
Telaga Rowo Wonogiri, Jateng. (Source: TIC Kab. Wonogiri)

TURISIAN.com – Objek wisata Telaga Rowo di Wonogiri merupakan pilihan yang pas buat liburan akhir pekan Sobat Turisian bersama keluarga. Tempatnya sangat indah dan banyak aktivitas menarik yang bisa kalian lakukan di sini.

Dengan berbagai daya tariknya, destinasi wisata tersebut ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Jadi sangat sayang, kalau Sobat Turisian tak mampir ke tempat ini kalau lagi berkunjung ke Wonogiri.

Telaga Rowo sendiri terbentuk secara alami. Semula, telaga yang menampung air hujan tersebut kerap warga manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Namun setelah ada aliran air PDAM, telaga itu mulai jarang warga memanfaatkannya.

Menariknya, telaga yang satu ini tidak pernah kering meski sedang musim kemarau, cuman volume airnya saja yang berkurang. Sebelum ada telaga tersebut, Desa Sumberejo yang ada di sekitarnya merupakan wilayah yang kekurangan air saat musim kemarau.

Baca juga: Pesona Air Terjun Girimanik Wonogiri yang Indah nan Eksotik

Keberadaan Telaga Rowo Wonogiri tersebut sudah ada sekitar 100 tahun lalu, dengan luas mencapai kurang lebih satu hektare. Tepat di akhir Juli 2012, kawasan telaga ini berubah menjadi salah satu tempat wisata yang menarik di Wonogiri.

Pihak desa pun telah menanam benih ikan di telaga tersebut agar menambah daya tarik wisata, sebagai spot wisata pemancingan. Bagi Sobat Turisian yang ingin memancing di sini, mesti bayar karena ikan yang ada di telaga merupakan usaha peternakan air tawar penduduk sekitar yang dipanen sewaktu-waktu.

Selain menikmati keindahan alam sekitar yang indah dan memancing, Sobat Turisian juga bisa berkelilingi telaga dengan naik perahu. Tersedia pula sepeda air dengan desain binatang air seperti penyu, yang akan membuat liburan kalian makin menyenangkan.

Lokasi & Fasilitas di Telaga Rowo Wonogiri

Destinasi wisata telaga tersebut berlokasi di Batuwarno, Desa Sumberejo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Sobat Turisian yang ingin berkunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun empat. Untuk rutenya bsa menggunakan bantuan google maps agar lebih praktis.

Baca juga: Watu Cenik Wonogiri, Spot Terbaik Menikmati Keindahan Waduk Gajah Mungkur

Rekreasi di Telaga Rowo Wonogiri juga cukup nyaman karena sudah tersedia berbagai fasilitas penunjang wisatawan. Di antaranya area parkir kendaraan, musala, toilet, penginapan, dan masih banyak lainya.*

Pos terkait