Ada 1,3 Juta Wisatawan Menuju Danau Toba, Event Ini Daya Tariknya

Wisatawan Menuju Danau Toba
Danau Toba, Samosir Sumatera Utara. Foto: Dok.Pixabay.com

TURISIAN.com  – Diperkirakan akan ada sekitar 1,3 juta wisatawan menuju Danau Toba  Sumatera Utara di tahun 2023 ini.

Salah satu daya tariknya karena kawasan ini menjadi tuan rumah ajang balapan bergengsi F1 Powerboat (F1 H2O) World Championship.

“Targetnya 1,3 juta perjalanan akan menuju ke Danau Toba, nasional maupun internasional,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Usman Kansong, melalui siaran pers di Jakarta, Kamis malam 12 Januari 2023.

Menurut Usman, tahun 2023 memang menjadi tahun yang penting dalam upaya Indonesia membalikkan kondisi perekonomian usai hantaman pandemi COVID-19.

BACA JUGA: Danau Toba Disiapkan jadi Lokasi Event Internasional untuk Tarik Wisatawan

“Khusus sektor pariwisata adalah melalui program unggulan ‘Bangga Berwisata di Indonesia’. Salah satu momentumnya adalah event F1 Powerboat ini,” kata dia.

Selain karena keindahan alamnya, Danau Toba secara umum menjadi penyangga kehidupan masyarakat di beberapa kabupaten sekitar.

Seperti Simalungun, Dairi, Karo, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Samosir, Pakpak Bharat, dan Humbang Hasundutan.

Mengangkat Nama Indonesia

Maka itu pemerintah pun meyakini mengembangkan kawasan Danau Toba, selain akan membuat nama Indonesia makin dikenal dunia terkait keindahan alamnya.

Juga mendorong roda perekonomian masyarakat di sekitar, khususnya melalui sektor pariwisata.

BACA JUGA: Bukit Simarjarunjung, Tempat Terbaik Menikmati Pesona Danau Toba yang Eksotis

Sebagai kesiapan memanfaatkan ajang internasional seperti F1 H2O, pemerintah pun, kata Usman, telah mendorong sekitar 30 juta pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM.

Mereka dihadirkan melalui berbagai program yang digelontorkan dalam memasuki era teknologi 4.0.

Termasuk para pelaku yang berada di sekitar Danau Toba. Mereka diharapkan cakap memanfaatkan setiap event nasional maupun internasional, promosi berbagai keunggulan produknya.

“Ini akan kita dorong. Kita bantu mereka dalam mempromosikan produk, melalui media sosial misalnya, selain tentu promosi Danau Tobanya sendiri sebagai salah satu destinasi super prioritas,” katanya.

BACA JUGA: Pariwisata Danau Toba Siap Dipromosikan di Event Formula 1

F1 H2O World Championship Danau Toba Sumatera Utara menurut rencana akan dihelat pada 24-26 Februari 2023.

Melalui ajang ini, pariwisata Indonesia termasuk UMKM di dalamnya diyakini siap menuju level dunia kembali usai pandemi COVID-19.

Danau Toba Siap Sambut 20 Tim Balap Dunia

Sementara itu, Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Odo RM Manuhutu, menjelaskan bahwa balapan F1 H2O Indonesia akan diikuti sekitar 20 tim.

Saat ini kesiapan lokasi balapan sudah mencapai 40 persen. Diharapkan pada 10 Februasi 2023 sudah sepenuhnya bisa dipergunakan.

“Kontainer yang akan mengangkut powerboat akan tiba 16 Januari mendatang sebanyak 12 kontainer dan pada februari enam kontainer,” jelas Odo.

Saat ini pemerintah sedang fokus merapikan kawasan Danau Toba dan hotel-hotel di sekitar lokasi, termasuk peremajaan beberapa titik.

“Selain itu kami juga melakukan pelatihan-pelatihan bagi UMKM dan pelaku pariwisata khususnya terkait untuk hospitality,” kata dia. ***

Pos terkait