Watu Cenik Wonogiri, Spot Terbaik Menikmati Keindahan Waduk Gajah Mungkur

Watu Cenik Wonogiri
Watu Cenik Wonogiri. (Source: TIC Wonogiri)

TURISIAN.com – Watu Cenik merupakan salah satu destinasi wisata Wonogiri yang terkenal sebagai spot terbaik menikmati keindahan Waduk Gajah Mungkur. Dengan ketinggian wilayah mencapai 320 mdpl. Sudah terbayang betapa indahnya panorama yang tersaji di tempat ini.

Dari atas spot ini, Sobat Turisian pun bisa menyaksikan keindahan panorama perbukitan seribu. Berpadu dengan hamparan air waduk, semakin memanjakan mata Sobat Turisian.

Nama sendiri berasal dari kata ‘watu’ yang berarti batu dan ‘cenik’ dengan arti tampak kecil. Jadi Watu Cenik ini memiliki arti batu yang tampak kecil. Ukurannya kurang lebih berdiameter 1 meter dan tinggi 1,5 meter.

Lokasi wisata Watu Cenik ini berada di kawasan landasan Gantole 1 Desa Sendang, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Sejak tahun 2017, secara resmi pengelolaan objek wisata yang satu ini berada di bawah BUMDes Sendang.

Di destinasi wisata alam Wonogiri ini, Sobat Turisian bisa menikmati beberapa spot untuk melihat view Waduk Gajah Mungkur dari ketinggian. Tak hanya itu, tempat ini juga menjadi bagian dari lanskap bukit gantole. Pemandangan hijaunya perbukitan berdampingan dengan birunya air waduk hingga menyuguhkan lukisan alam yang memesona.

Baca juga: 3 Tempat Terbaik Menikmati Pesona Waduk Gajah Mungkur dari Ketinggian

Saking luasnya, waduk tersebut bahkan terlihat bagai tepi lautan. Ada pula pemandangan deretan perahu dan keramba nelayan di Waduk Gajah Mungkur yang tampak begitu kecil dari atas Watu Cenik ini. Untuk mencapai bukit  ini, Sobat Turisian bisa melewati jalur barat. Atau bisa juga dari sisi timur dengan akses jalan berupa tangga beton.

Spot Foto Keren di Watu Cenik Wonogiri

Tempat wisata Jateng yang satu ini menyediakan berbagai spot foto. Sobat Turisian bisa berfoto dengan bebas di ornamen-ornamen yang tersedia secara gratis. Pilihan waktu terbaik berkunjung ke objek wisata ini, yaitu saat pagi atau sore hari ketika cuaca cerah. Jadi kalian bisa menyaksikan momen sunrise dan sunset. Tak heran kalau tempat ini buka dari subuh sampai malam hari.

Sudut foto paling populer dan menjadi ikon wisata ini, yakni tulisan “Watu Cenik”, dengan latar lanskap Kota Wonogiri dan Waduk Gajah Mungkur. Kalau Sobat Turisian ingin berfoto di spot tulisan ini, mesti menaiki beberapa anak tangga terlebih dahulu. Hasil fotonya pasti kece banget Sob!

Spot berikutnya yang tak boleh Sobat Turisian lewatkan, apalagi bagi kalian yang gemar berburu foto, yaitu spot balon udara. Salah satu spot jagoan objek wisata Watu Cenik karena paling instagrammable, sehingga banyak anakanak muda menggemarinya.

Ada lagi area Pathwalk dengan sajian jalan setapak beralas kayu. Di spot ini, selain foto-foto Sobat Turisian juga bisa menikmati keindahan matahari terbit karena pemandangan ke arah timur bergitu terbuka. Sementara kala sore hari yang cerah, suasananya begitu menenangkan jiwa dan pikiran.

Baca juga: Pantai Nampu Wonogiri, Panorama Alamnya Indah Bikin Betah

Jika ingin lebih santai menyaksikan pesona alam di kawasan Watu Cenik Wonogiri ini, Sobat Turisian bisa memanfaatkan spot gazebo, sekalian beristirahat. Tambah lagi fasilitas umum sebagai penunjang wisata juga sudah tersedia. Di antaranya toilet, area parkir, dan tampat ibadah.*

Pos terkait