Pesona Air Terjun Girimanik Wonogiri yang Indah nan Eksotik

Air Terjun Girimanik
Wisata Air Terjun Girimanik, Wonogiri, Jateng. (Source: TIC Wonogiri)

TURISIAN.com – Objek wisata Air Terjun Girimanik merupakan kawasan wisata alam yang wajib Sobat Turisian kunjungi. Terlebih saat berkunjung atau liburan di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Tempat wisata ini sangat nyaman dan bikin betah karena berudara sejuk dengan panorama alam yang sangat indah memesona. Karena berada di daerah pegunungan dan hutan lindung, tepatnya di lereng Gunung Lawu Selatan. Sangat cocok buat Sobat Turisian yang ingin healing atau melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari.

Menariknya lagi, di destinasi wisata Girimanik ini Sobat Turisian tidak hanya menikmati satu air terjun, melainkan tiga sekaligus. Antara lain Air Terjun Manikmoyo, Air Terjun Tejomoyo, dan Air Terjun Condromoyo.

Selain keindahan air terjun, di tempat wisata Wonogiri yang satu ini, Sobat Turisian juga bisa menemukan beberapa petilasan Raden Mas Said. Di antaranya Batu Besi, Sendang Drajat, Sendang Nglambre,  dan juga Pertapaan Girimanik.

Baca juga: Watu Cenik Wonogiri, Spot Terbaik Menikmati Keindahan Waduk Gajah Mungkur

Raden Mas Said sendiri merupakan salah satu pejuang melawan Kolonial Belanda dari Wonogiri. Semasa hidupnya, ia juga terkenal dengan julukan Pangeran Sambernyawa.

Lokasi Air Terjun Girimanik

Destinasi wisata air terjun ini masuk ke wilayah Desa Setren, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah (Jateng). Berjarak sekira 40 km dari pusat kota Wonogiri ke arah timur.

Sobat Turisian bisa menempuhnya dengan perjalanan darat selama kurang lebih 40 menit dari Alun-Alun Wonogiri tersebut. Kalian dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Akses jalan untuk menuju objek wisata Air Terjun Girimanik sudah cukup baik. Meski harus terus melalui jalur yang menanjak.

Baca juga: Pantai Nampu Wonogiri, Panorama Alamnya Indah Bikin Betah

Sebab posisinya tempat wisata ini terletak di ketinggian. Sehingga sebaiknya bagi Sobat Turisian yang hendak berkunjung, harap menggunakan kendaraan yang cukup prima dan selalu siap menghadapi medan tanjakan yang berat.*

Pos terkait