Yuk Rasakan Sensasi Bermain Bersama Anak Hiu di Pulau Tinabo!

Pulau Tinabo
Pulau Tinabo di Kepulauan Selayar. (Source: Disparbud Selayar)

TURISIAN.com – Mencari keindahan pantai dan bawah alam laut, Sobat Turisian bisa pilih berkunjung ke Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Di sana ada banyak objek wisata bahari dengan pantai yang unik dengan daya tarik tersendiri, salah satunya Pulau Tinabo.

Objek wisata tersebut terletak di Taman Nasional Takabonerate. Taman nasional di Kepulauan Selayar ini sendiri merupakan objek wisata yang sudah terkenal dan jadi wisata unggulan. Tempat ini menyajikan pesona alam bawah laut yang sudah termasyhur hingga ke mancanegara.

Hal yang paling menarik di Pulau Tinabo, Kepulauan Selayar ini, Sobat Turisian bisa mencoba aktivitas yang jarang ada di pantai lain. Yaitu bermain dan bercengkrama dalam jarak yang dekat dengan anak-anak hiu (babyshark).

Baca juga: Deretan Spot Menyelam Kepulauan Selayar dengan Pesona yang Aduhai

Atraksi alam tersebut biasanya ada di setiap pagi atau di waktu-waktu tertentu. Di Pulau Tinabo Sobat Turisian bisa bertemu kawanan anak hiu spesies blacktip. Mereka asyik berenang di bibir pantai berpasir putih di pulau yang satu ini.

Sobat Turisian juga bisa “bermain” dengan mereka hanya bermodalkan potongan daging ikan atau ikan kecil. Kalian bisa menyaksikan penampakan hiu mungil itu dari dekat dan membiarkan mereka mengelilingi kaki. Wah menegangkan tapi seru untuk Sobat Turisian coba nih!

Objek wisata Pulau Tinabo yang berada dalam kawasan Taman Nasional Takabonerate ini bisa Sobat Turisian tempuh dengan perjalanan kurang lebih 6 jam dari Pelabuhan Pattumbukang, Kepulauan Selayar. Musim terbaik berkunjung ke tempat ini, yaitu periode April hingga Juni dan Oktober sampai Desember setiap tahunnya.

Baca juga: Pantai Bonetappalang Pilihan Terbaik untuk Liburan di Kepulauan Selayar

Di luar periode waktu itu, cuaca di Kabupaten Kepulauan Selayar cenderung tidak bersahabat. Angin bertiup kencang dan ketinggian ombak kerap mengganggu pelayaran. Termasuk jalur transportasi laut dari Benteng yang menjadi ibu kota Kabupaten Kepulauan Selayar ke pulau-pulau sekitarnya, seperti Pulau Tinabo ini.*

Pos terkait