Terpukau dengan Pesona Keindahan Jurug Kemukus Wonogiri

Jurug Kemukus Wonogiri
Jurug Kemukus di Wonogiri, Jawa Tengah. (Source: TIC Kab. Wonogiri)

TURISIAN.com – Berkunjung ke Kabupaten Wonogiri belum lengkap rasanya kalau Sobat Turisian tak mampir ke Jurug (Air Terjun) Kemukus. Lokasinya berada di Dusun Ngijo, Desa Purwoharjo, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Air terjun ini merupakan salah satu pesona keindahan alam yang masih sangat alami dan terjaga kelestariannya. Tak hanya itu, ekosistem alam sekitarnya juga masih sangat terjaga. Pokoknya bikin Sobat Turisian betah refreshing di tempat ini.

Nama Jurug Kemukus berasal dari kata “Jurug” yang berarti “Air Terjun”, dan “Kemukus” memiliki arti sama dengan “Kukus”. Pengambilan kata kukus dari air terjun pada tingkat paling atas selalu terselimuti kabut uap air yang menyerupai asap putih (kukus).

Daya tarik Jurug Kemukus ini sangat aduhai, dengan keadaan alam yang masih perawan dan belum banyak terjamah orang. Sobat Turisian bisa melihat tampilannya yang sangat menawan dengan tiga tingkatan air terjun.

Untuk tingkat paling atas, memiliki tinggi sekitar 30 meter yang terapit tebing bebatuan yang tinggi dan terjal. Sehingga angin dan uap air berembus kencang menembus celah tebing. Tingkat kedua dan ketiga, masing-masing air terjun memiliki tinggi sekitar 40 meter. Air terjun kedua dan ketiga ini juga terapit tebing sungai.

Posisinya yang berada di lereng perbukitan, begitu Sobat Turisian berada di Jurug Kemukus saat pagi hari, dapat merasakan dinginnya udara. Suasana dengan pemandangan kabut-kabut tebal yang menyelimuti bisa kalian saksikan.

Baca juga: Watu Cenik Wonogiri, Spot Terbaik Menikmati Keindahan Waduk Gajah Mungkur

Sobat Turisian juga bisa bertemu dengan satwa-satwa di habitat asli dengan ekosistem yang masih sangat terjaga di sekitar lokasi air terjun. Tampak pula batuan-batuan besar di sekitar air terjun ini. Sehingga menarik sekali buat spot foto yang kece dan tentunya instagrammable. Asyik juga buat kalian bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitar, serta air terjun yang menawan.

Jalan Kaki Menuju Jurug Kemukus

Letak Jurug Kemukus di dalam hutan lebat dan lereng bukit, sehingga mengharuskan Sobat Turisian berjalan kaki di bukit terjal. Perjalanannya sejauh kurang lebih 750 meter dari pemukiman warga.

Dari area parkir kendaraan di pemukiman warga dengan biaya seikhlasnya, Sobat Turisian mesti lanjutkan dengan berjalan kaki menuju ke lokasi air terjun ini. Melewati medan jalan setapak berupa tanah dan bebatuan.

Berjalan kaki ini pun akan terasa singkat karena selama perjalanan Sobat Turisian bisa menikmati pemandangan hutan yang indah. Mayoritas tampak pepohonan pinus di kanan dan kiri lereng bukit, sehingga dapat menghilangkan rasa lelah.

Rute ke Jurug Kemukus Wonogiri

Menuju ke lokasi Jurug Kemukus Wonnogiri ini, Sobat Turisian bisa tempuh dari kota Yogyakarta. Dengan melalui Jalan Jogja-Wonosari. Dari Wonosari tinggal ikuti jalan menuju arah Semanu ke Pracimantoro, hingga ke Dusun Giriwoyo.

Kemudian teruskan perjalanan menuju ke Dusun Baturetno. Dari Dusun Baturetno ambil arah ke timur hingga sampai Kecamatan Karangtengah. Setelah tiba di Kantor Kecamatan Karangtengah, kurang lebih sekitar 5 km lagi Sobat Turisian tiba di lokais air terjun  ini. Kalian bisa bertanya kepada warga sekitar agar lebih cepat sampai ke tujuan.

Baca juga: Pantai Nampu Wonogiri, Panorama Alamnya Indah Bikin Betah

Selain keindahan alamnya, objek wisata Jurug Kemukus Wonogiri ini sudah memiliki fasilitas pendukung yang cukup memadai. Di antaranya fasilitas tempat makan, tempat ibadah, toilet, area parkir, dan lainnya.*

 

Pos terkait