Desa Wisata Conto Wonogiri Tawarkan Wisata Edukasi Alam dan Budaya

Desa Wisata Conto
Desa Wisata Conto, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

TURISIAN.com – Liburan Sobat Turisian ke Wonogiri akan terasa lebih lengkap kalau berkunjung Desa Wisata Conto. Di sana kalian bisa menikmati pemandangan alam sekaligus menambah wawasan soal alam dan budaya.

Desa ini hadir dengan rancangan identitas Wisata Edukasi Alam dan Budaya Berbasis Kemasyarakatan. Jadi saat Sobat Turisian berlibur di tempat ini, selain hati senang juga mendapat tambahan ilmu. Banyak pengetahuan yang akan kalian peroleh dari objek wisata alam, wisata budaya, dan kehidupan sehari-hari masyarakat desa tersebut.

Tak hanya bisa menikmati keindahan alam dan pertunjukan budaya, di Desa Conto pun Sobat Turisian akan belajar merawat dan mengelola alam serta melestarikan seni budaya. Menariknya lagi, masing-masing objek wisata memiliki konten yang berbeda-beda, sehingga banyak pilihan wisata yang tidak membosankan.

Secara umum destinasi wisata di desa ini terbagi menjadi Area Goa Resi, Area Bukit Gendol, Kebun Sayur Banteng, Sawah Terasering. Lalu ada Bumi Perkemahan Sumber, Soko Langit, Lapangan Dalisemar, Puncak Kukusan, dan Jalan Kenangan.

Spot-spot wisata di Desa Conto tersebut dapat Sobat Turisian nikmati dalam wisata edukasi maupun wisata alam biasa. Untuk seni budayanya, ada angklung, rebana, kethek ogleng, dan reog yang dapat kalian nikmati saat ada perayaan maupun saat latihan rutin.

Potensi alam yang sangat menarik di desa wisata ini, di antaranya Goa Resi, Air Terjun Kresek, Bukit Gendol (Hutan Sadiman), Hutan Pinus dan lainnya. Ada lagi potensi agrowisata karena dulu pernah memiliki tanaman khas yang tidak terdapat di daerah lain, yakni jeruk keprok.

Baca juga: Pesona Air Terjun Girimanik Wonogiri yang Indah nan Eksotik

Bahkan tidak hanya jeruk keprok, masyarakat pun mengembangkan jambu kristal dengan proyeksi lokasi tanam di setiap pekarangan warga. Selain itu, terdapat kebun sayur banteng juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Desa Conto.

Potensi  Budaya Desa Wisata Conto

Kini desa wisata di Wonogiri ini memiliki beberapa kesenian yang cukup aktif, yaitu rebana, angklung, kethek ogleng, dan reog. Ketiganya juga sudah mempunyai kelompok atau sanggar dan sering menggelar pertunjukan.

Terdapat pula kerajinan akar wangi di Desa Conto. Hebatnya lagi produk dari kerajinan ini sudah terkenal sampai ke mancanegara dan sering ikut serta dalam berbagai pameran. Bahkan Presiden Joko Widodo saat masih menjabat sebagai Wali Kota Solo sering memesan produk kerajinan ini. Begitu pula Dinas Pendidikan Jawa Tengah yang pernah membeli produk dengan judul karya Garuda Wisnu Kencana.

Bukan hanya itu, ada juga acara Ngreksa Bumi yang merupakan event tahunan desa wisata ini. Berlangsung tiap satu tahun sekali, tepatnya pada bulan Muharam atau pada saat tahun baru Islam dengan berbagai pertunjukan tradisional. Penyelenggaraan acara ini bertujuan sebagai wujud syukur masyarakat Desa Conto kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan.

Lokasi Desa Wisata Conto

Desa wisata yang satu ini terletak di sisi selatan lereng Gunung Lawu, tepatnya masuk wilayah Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Desa ini adalah salah satu desa di ujung utara yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Baca juga: Terpukau dengan Pesona Keindahan Jurug Kemukus Wonogiri

Sedangkan sebelah timur, Desa Conto berbatasan dengan Desa Geneng. Kemudian sebelah barat berbatasan dengan Desa Setren, serta sebelah selatan berbatasan dengan Desa Sugihan dan Desa Tanjung. Sobat Turisian dapat mengaksesnya dari Jalan Provinsi di Kecamatan Purwantoro maupun di Kecamatan Slogohimo menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan kondisi jalan yang cukup baik.*

 

 

 

Sumber & Foto: jadesta.kemenparekraf

Pos terkait