Wisata ke Pulau Kassa Seram Bagian Barat yang Memesona

Pulau Kassa
Pulau Kassa, Seram Bagian Barat, Maluku. (Source: Dispar Maluku)

TURISIAN.com – Wisata ke Maluku wajib singgah di Kabupaten Seram Bagian Barat. Di sana banyak objek wisata alam yang memesona. Salah satu yang menarik Sobat Turisian kunjungi, yaitu Pulau Kassa.

Kassa merupakan salah satu pulau tak berpenghuni dan memiliki hamparan pasir putih yang mengelilingi pulau dengan pemandangan yang indah dan alami. Saat berada di sini, Sobat Turisian memanjakan mata dan menenangkan pikiran.

Tak hanya itu, keunikan Pulau Kassa juga memiliki beberapa potensi flora dan fauna yang menarik buat menambah wawasan Sobat Turisian. Untuk flora, ada Anggrek Bulan Ambon, Cemara laut, Waru Laut, dan Beringin Pantai.

Di pulau yang termasuk kawasan dilindungi ini, terdapat pula kekayaan fauna endemik Maluku. Seperti Biawak Ambon (Varanus indicus), Soa-soa (Hydrosaurus amboinensis), Burung Gosong (Megapodius reinwardtii), dan Kus-kus (Phalanger sp.).

Selain satwa tersebut, di Pulau Kassa juga terdapat beberapa jenis burung dilindungi. Di antaranya Elang Laut Perut Putih (Haliaeetus leucogaster), Raja Udang Pantai (Halcyon saurophaga), Gegajahan Besar (Numenius arguata orientalis). Serta jenis lainnya, seperti Burung Pombo Biru Dada Putih (Ducula bicolor) dan Burung Ekor Kipas (Rhipidura sp.).

Baca juga: Air Terjun Waisia Rumakay Pesona Alam dari Seram Bagian Barat

Ada lagi berbagai jenis biota laut yang ada di wilayah perairannya, antara lain Kima Raksasa, Kima Sisik, Kima Cina. Tambah lagi Triton Terompet, Koral Lunak, Koral Bulu Ayam, Koral Kuping (Echinophora sp.), Koral Otak. Lalu Koral Jamur, Mimi, Ikan Botana Biru, Ikan Bendera, dan Ikan Biji Nangka.

Daya Tarik Wisata Pulau Kassa

Objek wisata bahari di Kabupaten Seram Bagian Barat ini, selain mengenal flora dan fauna, juga bisa melakukan berbagai aktivitas wisata. Sobat Turisian bisa mencoba menyelam, snorkeling, dan wisata minat khusus lainnya.

Sobat Turisian pecinta selfie juga bisa terpuaskan di Pulau Kassa. Di sini terdapat berbagai spot foto yang ciamik dan tentunya instagrammable banget. Spot favoritnya berupa jembatan sepanjang 150 meter yang menjorok ke laut. Berfungsi sebagai dermaga kecil untuk jalur Sobat Turisian menuju pulau saat turun dari kapal.

Lokasi & Akses ke Pulau Kassa

Destinasi pulau ini terletak 22 km dari Piru tepatnya di Desa Kaibobu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku. Memiliki luas area 1100 hektar dengan fasilitas pendukung, di antaranya cottage, tambatan perahu, jalan setapak, jembatan 150 meter, dan lainnya.

Untuk menuju Pulau Kassa, Sobat Turisian dapat menempuh dengan jalan darat dari Ambon menggunakan Bus Antar Kota Dalam Provinsi. Atau angkot ke Desa Liang (Dermaga Ferry Hunimua) selama kurang lebih 1 hingga 1,5 jam.

Baca juga: Menelusuri Jejak Sejarah di Benteng Wantrouw Maluku

Dari situ lanjut dengan penyeberangan Ferry ke Waipirit selama sekitar 2 sampai 2,5 jam. Kemudian teruskan perjalanan darat ke Desa Piru untuk naik perahu (sampan) menuju ke lokasi. Selain itu dapat juga melalui jalur laut langsung dari Desa Hitu menuju ke sana atau dari Desa Tulehu langsung ke lokasi makai speed boat dalam waktu sekira 1,5 jam perjalanan.*

 

 

Sumber: BKSDA Maluku

Pos terkait