Tiga Makanan dari Sagu Khas Maluku yang Tak Boleh Dilewatkan

Sagu Khas Maluku
Sagu Serut Maluku. (Source: Dispar Maluku)

TURISIAN.com – Sagu sudah menjadi makanan pokok masyarakat di Indonesia bagian timur, termasuk di wilayah Maluku. Hal ini pun mempengaruhi lahirnya banyak aneka makanan olahan sagu khas Maluku. Sobat Turisian bisa mencicipinya saat berkunjung ke sana.

Selain Papeda yang sudah terkenal, berikut ini sedikitnya ada tiga makanan dari sagu khas Maluku. Tak boleh kalian lewatkan untuk mencoba kelezatannya!

1. Sagu Serut

Olahan Sagu khas Maluku yang pertama, ada Sagu Serut yang berasal dari Desa Ihamahu. Sebuah desa yang terletak sekitar 15 km dari pusat kota Pulau Saparua. Di sana ada tempat pembuatan Sagu Serut milik Mama Mia Hitipeuw yang merupakan salah satu yang terkemuka di Saparua.

Pembuatan sagu serut sendiri cukup simpel, mulai dengan menumbuk bahan-bahan seperti kenari, gula merah, dan tepung sagu. Setelah tercampur, bentuk adonan memanjang menggunakan tangan kosong. Kemudian simpan di atas loyang dan masukkan ke dalam tungku besar untuk proses pembakaran selama 10-20 menit menggunakan uap panas.

Baca juga: Husafara atau Mandi Safar, Tradisi Menyucikan Diri Masyarakat Muslim Maluku

Hasilnya, Sobat Turisian bisa merasakan sensasi renyah dan rasa yang khas dari tiap gigitannya. Kemasan sagu khas Maluku ini berisi 10 potong dengan harga jual sekitar Rp12.500 per bungkusnya.

2. Sagu Tumbu Saparua
Sagu Khas Maluku
Sagu Tumbu. (Source: Dispar Maluku)

Berikutnya ada Sagu Tumbu yang terkenal sebagai salah satu produk kuliner unggulan Saparua. Salah satu tempat pembuatannya terdapat di Kampung Sirisori Islam yang pengelolanya, yakni Mama Mus. Untuk menuju ke tempat ini, Sobat Turisian harus menempuh jarak sejauh 12 km dari pusat kota Saparua.

Komposisi sagu khas Maluku ini sendiri terdiri dari kenari, gula merah, dan tepung sagu. Semua bahan ini tumbuk sampai halus lalu campurkan hingga menjadi adonan sebelum kemudian membentuknya. Panganan ini memiliki rasa gurih, manis, dan teksturnya yang ramah di mulut, menjadikan kuliner ini wajib kalian coba.

3. Sagu Gula Merah
Sagu Khas Maluku
Sagu Gula Merah. (Source: Dispar Maluku)

Sagu khas Maluku yang terkahir ini terkenal dengan nama Sagu Gula Merah, yang merupakan camilan pas untuk pagi atau sore hari. Rasanya yang gurih sangat cocok jika kalian sajikan dengan kopi atau teh.

Baca juga: Inilah 4 Makanan Khas Maluku yang Wajib Dicoba Kelezatannya

Sagu gula terbuat dari sagu yang campur dengan kelapa dan gula merah (gula aren). Kemudian masukkan ke dalam cetakan yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Cetakan sagu gula biasanya sohor dengan nama Porna.*

Pos terkait