Petualangan Seru ke Tahura Lae Kombih di Kota Subulussalam

Tahura Lae Kombih
Panorama Tahura Lae Kombih. (Source: Disporapar Kota Subulussalam)

TURISIAN.com – Sobat Turisian pecinta petualangan di alam bebas, mesti coba ke Wisata Tahura (Taman Hutan Rakyat) Lae Kombih. Destinasi wisata minat khusus ini menawarkan suasana hutan tropis yang masih sangat alami.

Di sini Sobat Turisian bisa menemukan jenis pohon hutan kayu yang sudah langka, yaitu pohon kapur. Lalu pada musim-musim tertentu, di tempat ini juga akan kalian jumpai tanaman bunga bangkai yang sangat langka, yaitu jenis Rafflesia Arnoldii.

Tak hanya itu, ada juga bunga bangkai jenis Amorphophallus Titanum, yang merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) endemik dari Sumatera. Terkenal sebagai tumbuhan dengan bunga (majemuk) terbesar di dunia.

Lokasi Tahura Lae Kombih ini berada di Desa Jontor, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam, Provinsi Aceh. Dengan luas kawasan mencapai 1.511,77 hektare dan merupakan kawasan hutan konservasi Kayu Kapur (Dryobalanops Aromatica).

Baca juga: Grand Canyon Penuntungan, Surga Tersembunyi di Subulussalam Aceh

Selain menjadi hutan konservasi Kayu Kapur, kawasan ini juga menjadi tempat yang tepat buat kegiatan tracking (penjelajahan). Terutama bagi Sobat Turisian yang punya hobi berpetualang.

Tahura Lae Kombih pun menyajikan pemandangan objek wisata Air Terjun Kedabuhen yang indah. Namun sebelum tiba di lokasi air terjun ini, fisik Sobat Turisian akan diuji dengan menapaki sejumlah anak tangga yang terbuat dari semen.

Letak Air Terjun Kedabuhen tersebut, berada di Sungai Lae Kombih, yang merupakan lokasi start olahraga arung jeram (rafting). Struktur arus sungai yang membentuk jeram-jeram menantang, sangat cocok Sobat Turisian coba. Kelebihan rafting di sini sangat aman bagi kalian yang baru pertama mencoba olahraga ekstrem tersebut.

Akomodasi & Akses ke Tahura Lae Kombih

Kemudian untuk menunjang kebutuhan akomodasi, Pemkot Subulussalam melalui DLHK juga telah membangun Guest House Tahura Lae Kombih sebanyak 2 unit. Fasilitas yang dapat menunjang wisatawan yang ingin bermalam di objek wisata Aceh ini.

Baca juga: Berpetualang ke Air Terjun Silelangit, Hidden Gem Subulussalam Aceh

Nah untuk menuju destinasi wisata Tahura yang berada di pinggiran Jalan Nasional ini, Sobat Turisian bisa menggunakan transportasi darat. Dengan jarak yanga akan kalian tempuh sekitar 10 km dari Pusat Kota Subulussalam.*

Pos terkait