Traveling ke Bukit Gebang Bangka Selatan yang Sajikan Alam yang Menawan

Bukit Gebang
Bukit Gebang Bangka Selatan. (Source: TIC Bangka Selatan)

TURISIAN.com – Traveling ke Bangka Selatan sangat menarik Sobat Turisian lakukan saat liburan nanti. Di sini banyak objek wisata alam yang memesona. Salah satunya Bukit Gebang yang terletak di Desa Nangka, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung.

Di atas bukit setinggi 200 meter ini, Sobat Turisian bisa menikmati pemandangan hijau yang menyejukkan sejauh mata memandang. Terdapat juga spot foto yang instagramable, seperti spot bertuliskan “I LOVE YOU”, rumah pohon, jembatan, dan masih banyak lagi.

Objek Bukit Gebang cukup familiar bagi wisatawan lokal, puncaknya sendiri dapat Sobat Turisian capai dengan sedikit mendaki atau menggunakan jasa ojek motor dengan kisaran harga Rp10.000,-. Aksesnya mudah kalian capai dari pusat kota.

Jarak dari ibu kota Provinsi Bangka Belitung, Pangkalpinang, kalian hanya perlu menempuh sejauh 72 km menuju ke arah barat laut dengan waktu perjalanan kurang lebih selama 1 jam 30 menit. Begitu sampai di Jalan Raya Pangkalpinang-Toboali KM 72, Sobat Turisian harus belok kiri dan kemudian masuk menuju Desa Nangka yang jauhnya sekitar 4 kilometer.

Meskipun harus menempuh perjalanan yang cukup jauh, namun perjalanan Sobat Turisian ke Bukit Gebang jamin akan terasa menyenangkan. Sebab akan mendapat sajian pemandangan alam yang menawan khas Pulau Bangka serta deretan perkebunan kelapa sawit.

Baca juga: Menyusuri Keindahan Hutan Bakau di Wisata Mangrove Tukak Bangka Selatan

Setelah sampai di kaki bukit, Sobat Turisian masih harus melanjutkan perjalanan dengan mendaki hingga ke puncak. Jika tidak ingin bersusah payah juga telah tersedia jasa ojek dengan tarif yang cukup terjangkau.

Beragam Spot Foto

Agar lebih menarik minat para wisatawan ke Bukit Gebang, pihak pengelola juga menghadirkan beberapa spot foto yang instagramable pada April tahun 2017. Pengelola mengaku terinspirasi dari konsep yang ada di wisata Kalibiru, Kulonprogo, Yogyakarta.

Hingga saat ini ada 5 spot foto Instagramable di objek wisata bukit ini yang bisa Sobat Turisian nikmati. Tiga di antaranya merupakan spot favorit para pengunjung.

Dari ketiga spot terfavorit tersebut, ada spot foto paling favorit yakni spot bertuliskan ‘I Love U’ yang terletak di sebelah kiri dari pintu masuk wisata Bukit Gebang. Lokasinya yang berada sedikit di bawah menjadikannya incaran utama para wisatawan.

Sudut pengambilan gambar ini, Sobat Turisian seolah berada sejajar dengan bentangan alam yang terhampar dari bukit ini. Ada lagi spot foto berupa jembatan yang menjorok ke depan bukit.

Baca juga: Melancong ke Pantai Tanjung Kerasak Bangka Selatan yang Eksotis

Berfoto di spot tersebut bisa memberikan Sobat Turisian merasakan sensasi yang menyenangkan. Terutama di kala senja, keindahan sunset di Bukit Gebang sangat eksotis dan romantis.

Tak sampai di situ, masih ada lagi spot foto yang bisa memacu adrenalin, yakni rumah pohon. Karena untuk menuju ke rumah pohon tersebut Sobat Turisian harus merangkak naik ke atas batu granit yang cukup besar.

Kemudian melanjutkannya dengan menaiki tangga kayu dengan tinggi kurang lebih 2 meter. Namun jangan khawatir, masih cukup aman untuk berfoto di rumah pohon tersebut.

Lokasi & Akses ke Bukit Gebang

Destinasi wisata Bangka Selatan yang satu ini terletak di Desa Nangka. Atau sekira 2 km dari jalan raya Pangkalpinang – Toboali di KM 72. Akses jalannya bisa Sobat Turisian lalui dengan menggunakan kendaraan roda 2 dan 4.

Baca juga: Menengok Keindahan Batu Belimbing di Bangka Selatan. Hanya Ada 5 di Dunia!

Berlibur di Bukit Gebang Bangka Selatan semakin nyaman karena ada dukungan berbagai fasilitas. Di antaranya area parkir, toilet, musala, spot foto, dan masih banyak lagi.*

 

Pos terkait