Ayo Wisata Edukasi ke Museum HOS Tjokroaminoto Surabaya!

Museum HOS Tjokroaminoto
Tampak depan Museum HOS Tjokroaminoto Surabaya. (Source: Disbudporapar Surabaya )

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian yang ingin mengenalkan sejarah perjuangan bangsa Indonesia kepada sang buah hati. Salah satunya bisa mengajak anak-anak ke Museum HOS Tjokroaminoto di Kota Surabaya.

Di museum ini Sobat Turisian bisa mengenal sejarah perjuangan tokoh pahlawan Hadji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto. Bukan sekadar pejuang, tetapi ia juga salah satu pelopor pergerakan dan guru para pemimpin-pemimpin besar di Indonesia, seperti Presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno.

Pembukaan secara resmi Museum HOS Tjokroaminoto pada tanggal 27 November 2017. Objek wisata edukasi ini menempati bangunan rumah kediaman Hadji Oemar Said Tjokroaminoto. Peresmian menjadi museum Pemerintah Kota Surabaya sekaligus sebagai destinasi wisata sejarah ini oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Tokoh pahlawan yang satu ini telah banyak melahirkan pemikiran besar bagi Indonesia. Berangkat dari pemikirannya pula melahirkan berbagai macam ideologi bangsa Indonesia pada saat itu. Tjokroaminoto lahir di Ponorogo, Jawa Timur, pada 16 Agustus 1882. Kemudian wafat di Yogyakarta, pada 17 Desember 1934 di usia 52 tahun.

Walaupun tidak lahir di Surabaya, Tjokroaminoto terkenal sebagai pahlawan nasional yang berasal dari Kota Pahlawan tersebut. Kalau penasaran mengenai kisahnya, Sobat Turisian wajib datang ke Museum HOS Tjokroaminoto yang berlokasi di daerah Peneleh Surabaya.

Baca juga: Kebun Binatang Surabaya, Spot Rekreasi dan Edukasi Favorit Keluarga

Tepatnya terletak di Jalan Peneleh Gang VII No. 29-31 Surabaya. Rumah tersebut tidak hanya menjadi tempat tinggal Pahlawan Nasional Tjokroaminoto beserta keluarga. Namun juga sebagai tempat tokoh-tokoh pergerakan dari berbagai latar belakang ideologi, seperti Semaoen, Alimin, Darsono, serta Tan Malaka bertemu dan berdialog.

Koleksi & Kondisi Museum 

Di Museum HOS Tjokroaminoto inilah, dulunya banyak terekam kisah dan sejarah perjuangan bangsa. Di dalamnya kini Sobat Turisian bisa melihat sebanyak 143 koleksi. Semuanya terkait dengan rumah tinggal dan perjuangan Tjokroaminoto pada masa lalu.

Dari luar bangunan, Sobat Turisian bisa melihat warna hijau yang mendominasi bagian pagar. Pagar ini terbuat dari kayu dengan dua daun pintu berbentuk arsitektur rumah Jawa. Memiliki dua lantai, yakni lantai bawah sebagai tempat tinggal keluarga HOS Tjokroaminoto dan lantai dua berfungsi sebagai kamar kost.

Museum HOS Tjokroaminoto menampilkan pula foto-foto dan narasi yang menjelaskan sejarah tokoh pahlawan tersebut. Termasuk beberapa barang dan profil para penghuninya. Pemuda-pemuda yang pernah indekos di rumah inilah yang kemudian menjadi tokoh yang berperan penting dalam sejarah bangsa Indonesia.

Ada pemuda-pemuda yang sempat kost, di antaranya Munawar Musso, Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo, Raden Darsono Notosudirdjo. Lalu Semaun, Alimin, serta proklamator dan juga Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno.

Begitu memasuki ruang tamu di dalam Museum HOS Tjokroaminoto, Sobat Turisian akan merasakan suasana kesederhanaan yang sangat kental. Lantai rumah itu terbuat dari ubin-ubin kecil berwarna putih dan merah. Secara keseluruhan, rumah ini memiliki cat berwarna putih dan bagian plafonnya terbuat dari anyaman bambu.

Baca juga: Mengenang Jasa Pahlawan Indonesia Lewat Tugu Pahlawan & Museum 10 Nopember Surabaya

Di bagian kanan pintu terdapat meja kayu-marmer dengan empat kursi kayu yang mengelilinginya. Ruangan ini sepertinya adalah ruang tamu. Pada dindingnya, Sobat Turisian akan menemukan foto-foto serta kisah Tjokroaminoto semasa hidupnya. Foto-foto beliau juga bisa kalian temukan di beberapa dinding rumah.

Bagi Sobat Turisian yang ingin berkunjung ke Museum HOS Tjokroaminoto tersebut, bisa datang kapan saja. Karena museum buka hari Selasa-Minggu, kecuali Senin tutup. Mulai dari pukul 09:00-17:00 WIB, tanpa ada pungutan biaya masuk. Untuk registrasi tiket online bisa kunjungi tiketwisata.surabaya.go.id.*

 

Pos terkait