Mengenang Jasa Pahlawan Indonesia Lewat Tugu Pahlawan & Museum 10 Nopember Surabaya

Tugu Pahlawan Surabaya
Tugu Pahlawan Surabaya. (Source: bappeko.surabaya)

TURISIAN.com – Setiap tanggal 10 November bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan sebagai bentuk penghargaan dan mengenang jasa pahlawan Indonesia. Nah biar lebih afdol untuk memperingatinya, Sobat Turisian bisa berkunjung ke Monumen Tugu Pahlawan dan Museum 10 Nopember di Surabaya sambil rekreasi bersama keluarga atau teman.

Tugu Pahlawan berdiri untuk memperingati peristiwa pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya yang kini tanggal tersebut menjadi Hari Pahlawan. Saat itu ada banyak sekali Arek-arek Suroboyo yang tewas melawan Belanda. Monumen ini berada di tengah kota Surabaya dan menjadi ikon Kota Pahlawan tersebut.

Pembuatan monumen ini pada tanggal 10 November 1951 dan peresmiannya pada tanggal 10 November 1952 oleh Presiden RI, Ir. Soekarno. Bangunan monumen tersebut berbentuk menyerupai “paku terbalik” setinggi 45-yard atau 40,50 meter.

Museum 10 Nopember Surabaya
Tugu Pahlawan Surabaya
Museum 10 Nopember Surabaya. (Source: Disbudporapar Surabaya)

Sementara untuk Museum 10 Nopember hadir untuk mendukung keberadaan Tugu Pahlawan, serta melengkapi fasilitas sejarahnya. Peresmiannya pada 19 Februari 2000 oleh Presiden RI, KH. Abdul Rahman Wachid.

Baca juga: Museum WR Soepratman Surabaya, Tempat Mengenal sang Komposer

Namun pembangunan museum ini sudah berlangsung sejak 10 November 1991. Dengan luas area 1366 m2 pada kedalaman 7 meter di bawah permukaan tanah. Terletak di areal Kompleks Tugu Pahlawan, Jalan Pahlawan, Kota Surabaya.

Jadi saat berkunjung ke Surabaya, Sobat Turisian bisa langsung mengunjungi dua objek wisata edukasi sejarah sekaligus. Bisa melihat dulu Monumen Tugu Pahlawan yang terletak di taman yang luas, lalu masuk ke Museum 10 Nopember untuk mengetahui dan menambah wawasan perjuangan bangsa.

Di dalam museum ini, Sobat Turisian bisa melihat beragam koleksi peninggalan sejarah selama masa penjajahan. Fasilitas yang tersedia di tempat ini, antara lain Ruang Diorama Elektronik; Ruang Auditorium; Ruang Perpustakaan; Ruang Diorama; Ruang Kidzone dan Laktasi. Kemudian ada fasilitas musala, area parkir, Public Space (Lapangan), serta ruangan ber-AC.

Lokasi & Jam Operasional Museum 10 Nopember

Lokasi Monumen Tugu Pahlawan dan Museum 10 Nopember ini berada dalam satu kompleks. Terletak di Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Baca juga: Yuk Piknik Asik ke Taman Hiburan Pantai Kenjeran Surabaya!

Jam operasional tempat ini, buka dari Senin – Jumat, mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Khusus Sabtu dan Minggu, buka dari pukul 07.00 – 15.00 WIB. Sementara untuk tarif masuknya, sekitar Rp5.000 per orang untuk pengunjung umum. Sedangkan bagi para pelajar dan mahasiswa yang membawa Kartu Tanda Mahasiswa gratis.*

Pos terkait