Museum WR Soepratman Surabaya, Tempat Mengenal sang Komposer

Museum WR Soepratman Surabaya
Museum WR Soepratman Surabaya. (Source: Disbudporapar Surabaya)

TURISIAN.com – Sobat Turisian pasti sudah pada tahu dengan sosok Wage Rudolf Soepratman sebagai pencipta lagu kebangsaan “Indonesia Raya”. Nah di Surabaya kalian bisa mengenal lebih jauh sang komposer ini dengan mengunjungi Museum WR Soepratman.

Museum ini resmi buka untuk umum pada tanggal 10 November 2018, peresmiannya oleh Walikota Surabaya Ir. Tri Rismaharini. Bangunan ini menempati rumah wafat Wage Rudolf Soepratman di Jalan Mangga No. 21, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Rumah tersebut menjadi saksi akhir perjuangan WR Soepratman. Walaupun dalam kondisi sakit, ia tetap berjuang demi kemerdekaan Indonesia dengan caranya sendiri melalui biola.

Tokoh nasional ini pernah bertempat tinggal di rumah yang berdiri pada abad ke-XX itu bersama Ny. Rokijem (saudari W. R. Soepratman) beserta keluarga. Setelah pindah dari Pemalang ke Surabaya pada 1937.

Baca juga: Tiga Ekowisata Mangrove di Surabaya yang Seru Buat Liburan Akhir Pekan

Bangunan Museum WR Soepratman ini memiliki dua kamar utama, dengan satu ruang tamu, satu kamar kecil, dan satu ruangan dapur. Saat berkunjung ke sini, sobat Turisian dapat melihat dan menikmati koleksi-koleksi yang berhubungan dengan W. R. Soepratman. Koleksi-koleksi tersebut tersebar di sejumlah ruangan.

Sampai saat ini, jumlah koleksi yang terdapat di Museum WR Soepratman ada sebanyak 39 koleksi. Di antaranya terdapat replika pakaian WR Soepratman, replika biola beliau, zona memorabilia, serta zona penghargaan Pemerintah Indonesia kepada sang komposer ini.

Selain itu, di tempat ini Sobat Turisian juga dapat mempelajari sejarah sosok pahlawan bangsa W.R Soepratman, lewat koleksi-koleksi berupa replika dan foto-foto dengan dukungan zona memorabilia. Kemudian di bagian ruang tamu rumah ini terpampang pula foto-foto WR Soepratman dengan teman dan keluarganya.

Lokasi & Jam Operasional Museum WR Soepratman

Destinasi wisata Museum Pahlawan Nasional Indonesia ini beralamat di Jalan Mangga No. 21, Kota Surabaya, Jawa Timur. Untuk jam operasionalnya, buka dari Selasa sampai Minggu. Kecuali Senin tutup.

Baca juga: Rekreasi ke Taman Mozaik Surabaya yang Instagrammable dan Mengasyikkan

Buka mulai dari pukul 08:00 WIB sampai dengan pukul 16:00 WIB. Menariknya lagi, masuk ke Museum WR Soepratman Sobat Turisian tidak usah membayar sepeser pun alias gratis. Namun meski gratis, kalian mesti reservasi dulu melalui laman tiketwisata.surabaya.go.id.*

 

Pos terkait