Menikmati Beragam Daya Tarik Desa Wisata Peniron Kebumen

Desa Wisata Peniron
Desa Wisata Peniron Kebumen. (Source: Disparbud Kab. Kebumen)

TURISIAN.com – Di masa liburan akhir tahun ini, Sobat Turisian bisa ajak keluarga berkunjung ke Desa Wisata Peniron, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Di sini kalian bisa menikmati panorama alam dan menjajal beragam wahana.

Secara geografis, desa ini merupakan yang terbesar di wilayah Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen. Dengan jumlah penduduk terbesar kedua setelah Desa Kedawung dan juga mempunyai segudang potensi yang bisa dikembangkan.

Potensi Desa Wisata Peniron cukup besar karena lokasinya strategis, ada beberapa jalur besar trayek angkutan. Antara lain jalur trayek Kebumen-Peniron-Wonotirto. Lalu trayek Kebumen-Peniron-Watulawang. Serta Jalur Kebumen-Peniron-Condongcampur-Sruweng. Semua itu membuat desa ini ramai.

Bukan hanya itu, desa wisata di Kebumen yang satu ini juga mempunyai banyak potensi alam. Salah satunya ada spot wisata Brujul Adventure Park dan Taman Banyu Langit yang menjadi tujuan favorit wisatawan, baik lokal maupun domesti.

Baca juga: Menyusuri Keindahan dalam Gua Petruk Kebumen yang Menakjubkan

Saat berkunjung ke Desa Wisata Peniron ini, Sobat Turisian bisa menghabiskan waktu dengan menjajal wisata alam Brujul Adventure Park, Taman Banyu Langit dan Kebun Buah. Lengkap dengan sajian berbagai atraksi wisata dan fasilitas pendukung, seperti gazebo-gazebo besar untuk kegiatan pertemuan dan pelatihan.

Ada pula daya tarik agrowisata kebun buah dan holtikultura, serta wisata edukasinya ada Erha Eduwisata Pikachu. Produk kuliner lokal juga tak ketinggalan, seperti oyek Peniron, lanting khas Peniron, dan lainnya yang cocok buat oleh-oleh para pengunjung.

Masih ada lagi sajian atraksi seni budaya yang komplet dan hidup secara dinamis di Desa Wisata Peniron Kebumen tersebut. Ada seni Dangsak, kuda lumping, lengger, menthiet, Janeng, Wayang, jidur, rebana, serta hadroh.

Baca juga: Pantai Petanahan, Tempat Liburan di Kebumen yang Menawan

Fasilitas penunjang lain di desa wisata Kebumen ini pun tersedia dan bisa Sobat Turisian nikmati sehingga momen liburan di sini semakin berkesan. Di antaranya ada tiga pasar, lapangan bola, sekolahan, dan lain-lain.*

Pos terkait