Pantai Petanahan, Tempat Liburan di Kebumen yang Menawan

Pantai Petanahan
Pantai Petanahan Kebumen, Jateng. (Source: Disparbud Kebumen)

TURISIAN.com – Pantai Petanahan menjadi salah satu objek wisata populer di Kabupaten Kebumen yang menawan. Tempat ini banyak wisatawan berdatangan pada momen liburan seperti Idul Fitri, Idul Adha, dan libur nasional lainnya.

Di sini Sobat Turisian bisa menikmati hamparan pasir berwarna kelabu sepanjang lebih dari 500 meter dan lebar antara 50-100 m. Sejauh mata memandang, tampak dataran pasir dan gulungan ombak putih yang mempesona.

Tambah indah lagi dengan adanya deretan gumuk di antara bentangan pasir yang luas. Bentuknya memanjang sejajar dengan garis Pantai Petanahan. Tinggi gumuk pasir tersebut sangat beragam, maksimal 3 meter, dengan panjang berkisar antara 10-25 meter.

Uniknya, gumuk-gumuk tersebut bisa berpindah-pindah tempat, tergantung dari kuatnya tiupan angin. Pembentukannya berawal dari sekumpulan butiran pasir yang terbawa angin. Kemudian tertahan di semak belukar atau akar pepohonan kecil yang tumbuh di sekitar pantai.

Baca juga: Yuk Kunjungi Deretan Pantai di Kebumen Berikut Ini Saat Liburan Nanti!

Selanjutnya, makin lama tumpukan pasir semakin banyak dan tinggi. Arah angin yang relatif tegak lurus pantai akan menciptakan bentukan memanjang yang sejajar dengan garis Pantai Petanahan. Bagian yang terlindung dari angin akan membentuk lereng yang Iebih curam daripada sisi lainnya.

Fasilitas Wisata Pantai Petanahan

Setelah berjalan-jalan menyusuri garis pantai yang begitu luas, Sobat Turisian bisa lanjut dengan menyaksikan deburan ombak laut yang bekejar-kejaran. Kalian juga bisa menyaksikannya dengan duduk-duduk santai di pengunungan pantai tersebut yang sekelilingnya ini terdapat tumbuhan cemara dan pohon pandan.

Saat berlibur di sini, Sobat Turisian akan semakin nyaman karena bisa menikmati fasilitas wisata yang memadai. Seperti area parkir, taman bermain, MCK, pendopo, musala, dan warung makan. Di sejumlah fasilitas ini kalian bisa bersantai sambil menikmati keindahan panorama lepas pantai dan pebukitan di sekitarnya.

Momen Ramai Pengunjung di Pantai Petanahan

Objek wisata pantai di Kebumen yang satu ini akan sangat ramai pengunjung di momen-momen liburan besar. Seperti libur Lebaran Idul Fitri dan pada hari raya Idul Adha. Wisatawan datang terutama pada hari ke tujuh dan ke delapan libur lebaran.

Baca juga: Waduk Sempor Kebumen Suguhkan Keindahan Alam dan Berbagai Wahana Menarik

Wisatawan yang datang pun bukan hanya dari daerah sekitar, tapi juga dari luar Kebumen. Mereka berkunjung bersama keluarga untuk menikmati panorama alam pantai yang terletak di Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan tersebut.*

 

Pos terkait