Berburu Spot Foto Kece di Bukit Barede Magelang, Dekat Candi Borobudur

Bukit Barede
Bukit Barede Kabupaten Magelang, Jateng. (Source: Disparpora Kab. Magelang)

TURISIAN.com – Bukit Barede merupakan salah satu objek wisata alam di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya di Perbukitan Menoreh. Tempat ini menyajikan pemandangan alam nan indah dengan konsep kekinian.

Di sana, Sobat Turisian bisa menikmati view alam di atas sebuah gardu pandang di pohon atau biasa disebut Rumah Pohon. Nama Barede sendiri merupakan kepanjangan dari “Bubare Perang Gedhe” yang artinya perang besar. Alasannya zaman dulu Perbukitan Menoreh dulunya menjadi tempat berkumpulnya pasukan Pangeran Diponegoro saat melawan penjajahan.

Daya tarik lain di Bukit Barede, Sobat Turisian pun  dapat menyaksikan pemandagan lebih keren dari Punthuk lain sekitar Borobudur. Terlebih objek wisata ini hanya berjarak 2 km dari Candi Borobudur. Sehingga kalian bisa sekaligus melihat gagahnya candi ini lebih dekat dengan nuansa pengunungan dan dataran rendah yang sangat asri.

Konsep destinasi wisata alam ini pun kekinian dengan mengusung gardu pandang. Membuatnya cepat mengundang banyak wisatawan, meski tempat ini tergolong baru. Bahkan tak jarang pula wisatawan mengupload foto mereka di sana ke akun sosial media. Memamerkan latar belakang fenomena alam menakjubkan, sehingga membuat nama wisata semakin hits.

Awal mula kepopuleran Bukit Barede Magelang ini tak terlepas dari boomingnya film “Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2”. Film ini mengambil background spot-spot foto wisata di Magelang. Tak ingin melewati momen berharga tersebut, pihak pengelola lalu mendesain sedemikian rupa menjadi destinasi wisata ciamik buat sekadar berswafoto maupun menikmati alam.

Baca juga: Ketep Pass, Spot Terbaik Menikmati Keindahan Magelang dari Ketinggian

Sajian panorama alam di sini sangat khas, berupa view pegunungan serta dataran rendah dengan latar belakang rindang pepohonan hijau. Seolah-olah membentuk benteng bukit-bukit tak terlampau tinggi.

Konsep wisata Bukit Barede hampir sama dengan Punthuk Mongkrong, Punthuk Sukmojoyo, Punthuk Setumbu. Serta spot-spot wisata lain di Kabupaten Magelang yang kebanyakan menyuguhkan pemandangan alam melalui deck view.

Lokasi Bukit Barede Magelang

Letak objek wisata Magelang ini berada di Dusun Sendaren Dua, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Berjarak 2 kilometer dari Candi Borobudur.

Kemudian jarak Bukit Barede dengan wisata air terjun Kedung Kayang Magelang kurang lebih 33 kilometer. Sobat Turisian bisa menempuhnya dengan perjalanan kurang lebih selama 58 menit.

Baca juga: 5 Tempat Kuliner di Magelang Ini, Tak Sekedar Citra Rasa

Objek wisata alam tersebut sangat cocok buat Sobat Turisian kunjungi saat liburan ke Candi Borobudur. Sebagai lokasi untuk rehat sejenak menikmati keindahan alam dan momen sunrise dan sunset yang eksotis.*

 

Pos terkait