7 Tempat Wisata di Borobudur Magelang Paling Populer

Wisata di Borobudur
Sungai Elo Magelang menjadi lokasi menarik untuk bermain rafting. Foto: iSt

TURISIAN.com – Candi Borobudur merupakan salah satu tempat wisata di Borobudur Magelang, Jawa Tengah.

Bangunan ini merupakan situs sejarah dengan pemandangan alamnya yang hijau nan indah. Dahulu kala, destinasi ini merupakan tempat ibadah umat Buddha yang tinggal di sekelilingnya.

Candi Borobudur menjadi tujuan wisata menarik yang bisa Sobat Turisian kunjungi bersama keluarga, rekan maupun kerabat.

Tempat ini menyajikan situs sejarah dari masa lampau yang sangat eksotis, dan memiliki nilai-nilai spiritual yang luhur.

Mengunjungi Candi Borobudur tak hanya untuk melepas penat dan jenuh dari aktivitas sehari-hari. Namun juga sebagai sarana untuk mempelajari sejarah dan budaya masa lampau.

Kalian,  juga bisa mengunjungi lokasi menarik lainnya di sekitar  wisata Borobudur Magelang.

BACA JUGA: 100 Pemandu Wisata Ikuti Pembekalan Tentang Candi Borobudur

Berikut  beberapa rekomendasi tempat terbaik yang patut kamu kunjungi.

1.Sungai Elo Magelang

Bagi Anda yang sedang mencari tempat body rafting magelang, sungai Elo Magelang tampaknya menjadi pilihan terbaik yang wajib Anda kunjungi.

Berlokasi di Jurugan, Progowati, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, aliran sungai ini berhulu di Gunung Merbabu dan berhilir di Sungai Progo.

Sungai Elo merupakan salah satu tempat rafting di magelang yang sangat populer. Menyajikan keindahan alam yang eksotis dan menyejukkan.

Anda juga bisa menikmati sensasi olahraga ekstrim, yaitu arum jeram di Magelang sepanjang 12 KM sembari menikmati keindahan alam di sekitarnya.

BACA JUGA: Tarif Masuk Candi Borobudur Kembali Seperti Semula, Ada Ketentuan Khusus

Harga tiket rafting sungai Elo Magelang berkisar Rp 750.000/boat. Boat atau perahu bisa dinaiki hingga 5 orang dan satu pemandu. Fasilitas di wisata rafting Magelang ini juga terbilang lengkap seperti asuransi, snack, welcome drink, makan, sertifikat, serta fasilitas transportasi dari lokasi finish ke titik awal.

Tertarik mengunjungi Sungai Elo Magelang? Anda bisa datang di jam operasionalnya mulai pukukl 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Tempat wisata ini buka setiap hari.

Lokasi Swafoto yang Menyenangkan

2.Punthuk Setumbu

Bagi Anda yang senang dengan suasana bukit yang sejuk dan indah, Punthuk Setumbu adalah destinasi wisata di Borobudur Magelang yang cocok untuk Anda sambangi.

Punthuk Setumbu berlokasi di Dusun Kurahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Lokasinya pun terbilang dekat dari Candi Borobudur, yakni hanya sekitar 3,5 km saja dan bisa ditempuh dalam waktu belasan menit.

Di bukit Punthuk Setumbu, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan seperti berswafoto dan menikmati sensasi sunrise atau matahari terbit yang indah.

Bukit Punthuk Setumbu memiliki hamparan alam hijau yang indah dengan udara sejuk dan suasananya yang asri.

Untuk melepas penat dari jenuhnya kehidupan di kota besar, tempat wisata ini sangat layak dikunjungi.

Setiap harinya Punthuk Setumbu dikunjungi banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Harga tiket masuk ke tempat wisata ini adalah Rp 30.000/orang.

BACA JUGA: 5 Tempat Kuliner di Magelang Ini, Tak Sekedar Citra Rasa

Keindahan Alam yang Unik

3.Svarga Bumi

Saat Anda jalan-jalan di Magelang bersama orang-orang tersayang, jangan lupa juga untuk mengunjungi Svarga Bumi.

Lokasi ini memiliki keindahan alam yang unik dan menarik dengan nuansa pegunungan dan keindahan alamnya yang menyejukkan mata.

Svarga Bumi sebelumnya hanyalah area persawahan biasa. Pada tahun 2020 silam, area ini berubah menjadi tempat wisata yang instagramable, dengan banyak spot foto indah dan menarik.

Lokasi ini bahkan memiliki pemandangan yang mirip dengan Ubud di Bali.

Svarga Bumi merupakan wisata di Borobudur Magelang yang tak boleh kalian lewatkan. Karena jaraknya sangat dekat dari candi, yakni berkisar 300 meter saja.

Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau, yakni Rp 30.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak.

4.Bukit Rhema

Jika Anda pernah menonton film AADC 2 ( Ada Apa Dengan Cinta), Anda pasti ingat dengan tempat eksotis yang dikunjungi Rangga dan Cinta. Tempat itu bernama Bukit Rhema. Di Bukit Rhema, terdapat gereja aya, raksasa yang mengerami telurnya di antara rimbunnya pepohonan hijau di hutan.

Lokasi Bukit Rhema juga tak jauh dari Candi Borobudur. Anda bahkan bisa langsung melihat Candi Borobudur jika cuaca sedang cerah.

Bukit Rhema seringkali menjadi lokasi  spot foto unik dan lokasi yang tepat untuk memotret Candi Borobudur dari kejauhan.

BACA JUGA: Senangnya Berenang di Taman Wisata Air Kalibening Magelang dengan Latar Pegunungan

Para pengunjung bisa membatik

5.Jelajah Desa Wisata Magelang

Saat bertandang ke Kabupaten Magelang, Anda juga harus merasakan uniknya sensasi ke desa wisata Magelang yang lokasinya juga tak jauh dari Candi Borobudur.

Para turis akan mengelilingi sejumlah desa wisata yang indah menggunakan mobil Volkswagen (VW). Kebayang serunya kan?

VW wisata Magelang cukup banyak diminati akhir-akhir ini. Pengunjung bisa memilih dua desa wisata yang ingin dikunjungi dari 30 pilihan desa yang tersedia.

Sejumlah desa wisata yang bisa Anda pilih antara lain Desa Wisata Batik, Desa Wisata Madu, Desa Wisata Gula Jawa, dan masih banyak lagi.

Di desa wisata para pengunjung bisa membatik, membuat gula jawa, dan kegiatan seru lainnya. Untuk bisa merasakan pengalaman ini, Anda bisa menghubungi VW tour Magelang dan memilih paket sesuai keinginan dan kebutuhan.

BACA JUGA: TKL Ecopark Kota Magelang Tambah Fasilitas Baru, Apa Saja ?

6.Pantai Tiga Warna

Bagi kamu yang senang berwisata ke pantai, ada satu pantai di Magelang yang wajib Anda kunjungi, pantai itu adalah Pantai Tiga Warna.

Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki tiga jenis air yang jernih. Terdapat juga terumbu karang yang cantik, serta hutan lindung yang menyejukkan mata.

Pantai Tiga Warna berlokasi di desa Tambak Rejo, Sendang Biru, Magelang, Jawa Timur. Tempat ini menghadirkan keindahan alam yang unik dengan pasir pantai berwarna putih dan deburan ombaknya yang menenangkan jiwa.

Jika Anda berwisata bersama keluarga dan anak-anak, di Pantai Tiga Warna Anda juga bisa melakukan kegiatan menarik lainnya seperti berendam air panas, berenang di kolam renang, serta menikmati keindahan air terjun. Bagi buah hati tercinta, ada juga kebun binatang dengan aneka koleksi satwa unik.

Keberadaan pantai berpasir putih

7.Ladon Little Island

Wisata di Borobudur Magelang berikutnya yang tak boleh dilewatkan adalah Ladon Little Island. Tempat ini sangat populer 2 tahun belakangan sejak pertama kali dibuka pada tahun 2020 silam. Ladon Little Island menyuguhkan suasana alam yang elok dan indah dengan nuansa pantai di tengah-tengah hutan.

Ladon Little Island berada tak jauh dari Candi Borobudur, tepatnya di Kaliduren, Candirejo, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Dari Candi Borobudur, lokasinya hanya berjarak 4,2 KM dan bisa ditempuh dalam waktu 10-15 menit saja.

Yang membuat Ladon Little Island unik adalah keberadaan pantai berpasir putih di tengah-tengah hutan rimbun.

BACA JUGA: Silancur Highland Magelang, Tempat Asyik Buat Piknik Bareng Keluarga

Tempat ini sebenarnya merupakan Sungai Progo. Anda akan merasa nyaman di tempat yang berlatar perbukitan Manoreh yang indah ini. Suasananya yang sejuk akan menjadi pelepas penat dari hiruk pikuk kota.

Ladon Little Island memiliki udara yang segar dan sejuk, sehingga sangat cocok dikunjungi pasca berpanas-panasan di Candi Borobudur.

Tersedia juga berbagai fasilitas menarik lainnya seperti rafting. Pengunjung hanya dikenakan tarif Rp 40.000/orang untuk bisa merasakan pengalaman olahraga ekstrim ini.

Harga tiket masuk ke lokasi wisata Ladon Little Island juga sangat terjangkau, yaitu Rp 2.000 di hari kerja dan Rp 3.000 di hari libur atau hari Minggu. Tertarik mengunjunginya?

Dari 7 tempat wisata di Borobudur Magelang di atas, mana nih yang paling membuat Anda penasaran? ***

Pos terkait