5 Tempat Kuliner di Magelang Ini, Tak Sekedar Citra Rasa

Tempat kuliner di magelang
Sup Senerek, salah satu kuliner yang bisa ditemui di Magelang, Jawa Tengah. Foto: Ist

TURISIAN.com – Jalan-jalan ke Candi Borobudur, cobalah sempatkan mampir ke tempat kuliner di Magelang, Jawa tengah.

Bukan citra rasanya saja yang bakalan membuat Sobat Turisian ketagihan. Tetapi beberapa diantaranya, memiliki keunikan tersendiri.

Memang untuk kelezatannya tak perlu diragukan, mulai dari kudapan manis hingga gurih bisa kalian rasakan di kota ini.

Oh ya, Kota Magelang selalu menyajikan banyak daya tarik mulai dari keramahan masyarakatnya, pemandangan, dan tentu kuliner khas dari Magelang itu sendiri.

BACA JUGA: Jalan-jalan ke Kota Semarang Coba deh Mampir ke Koetatoea, Pusat kuliner Ala Eropa

Nah, berikut adalah kuliner Magelang yang bisa memanjakan lidah.

1.Mangut Beong

Berbeda dengan Yogyakarta yang memiliki kuliner khas yaitu Mangut lele. Di Magelang juga memiliki mangut namun tidak berbahan dasar Lele melainkan ikan Beong.

Ikan yang mudah didapatkan di Sungai Progo ini dimasak dengan bumbu rempah pedas dan kuah santan.

Salah satu tempat makan yang menyediakan Mangut Beong adalah rumah makan Sehati Borobudur.

Mangut Beong ini merupakan kuliner dekat Borobudur karena hanya berjarak sekitar tiga kilometer dari Candi Borobudur. Tepatnya di Desa Kembanglimus, Kecamatan Salaman.

Nah bagi Anda yang sedang berada di daerah Candi Borobudur bisa langsung datang saja ke sini.

BACA JUGA: Daftar Promo Kuliner Oktober 2022, Ada Diskon Sampai 50 Persen Lho

Jajanan Legendaris sejak 1960

2.Depot Es Semanggi

Termasuk salah satu jajanan legendaris di Magelang karena warung es ini sudah berjalan sejak tahun 1960 an.  Legendaris memang tetapi tidak hanya itu kalian bisa menikmati sajian minuman dingin yang terasa nostalgia.

Semua menu yang disajikan di depot ini diracik dengan sirup buatan sendiri lho para Anda. Menu yang ditawarkan sendiri diantaranya Es Cokelat Roti, Es Pleret, Es Tape, Es Klamud, dan Es lainnya.

Jika kalian ingin membuat Es khas Magelang ini di rumah kalian bisa membeli sirup buatan Depot Es Semanggi. Ya benar tidak hanya menjual minuman yang siap diminum saja depot ini juga menjual hasil produksi sirup mereka sebagai oleh-oleh.

Bagi para Anda bisa mengunjungi Depot Es Semanggi yang berada di Jalan Ahmad Yani 4, Panjang Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang. Lebih tepatnya seberang Radio Polatis basement Matahari Alun – alun Kota Magelang. Atau depot lainnya yang berada di Jalan Semarang – Yogyakarta Nomor 367, Kramat Selatan, Kecamatan Magelang Utara.

BACA JUGA: Taman Watu Resort, Spot Wisata Kuliner dengan Pesona Alam yang Memukau

Adanya di Warung Pak Parto

3.Sup Senerek

Kembali ke main course nih Anda, yaitu Sup Senerek Kuliner Magelang ini memiliki sejarah yang cukup menarik. Makanan khas ini berasal dari akulturasi kuliner Belanda dengan Jawa.

Dimana saat penajahan tentara belanda kerap memasak Snert Soup dan lidah orang Jawa yang sulit mengucapkan Snert berubah menjadi Senerek.

Jika Snert Soup berisi Kacang Polong dan dimakan dengan roti, maka Sup Senerek menggantinya dengan Kacang Merah.

BACA JUGA: Jajan Kuliner Tradisional dan Jadul di Pasar Mbrumbung Rembang

Namun Sup Senerek juga memiliki isian lain yaitu iga ayam atau buntut ayam, bayam, wortel, seledri, daun bawang dan irisan sapi atau ayam. Yah inilah hasil akulturasi kuliner Belanda dengan Jawa.

Kalian yang ingin mencoba hidangan sup ini bisa ditemui salah satunya di Warung Pak Parto. Tepatnya berada di kompleks kios terminal lama bawah Bukit Tidar.

Atau bisa mengunjungi Warung Bu Atmo di daerah Jendralan sebelah Karesidenan Kedu.

Nah itu dia rekomendasi tempat kuliner di Magelang yang legendaris yang bisa kalian coba. Semoga dapat memanjakan lidah para sobat sekalian ya. ***

Pos terkait