Ketep Pass, Spot Terbaik Menikmati Keindahan Magelang dari Ketinggian

Ketep Pass
Ketep Pass di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. (Source: Disparpora Kab. Magelang)

TURISIAN.com – Pas lagi liburan di Kabupaten Magelang, Sobat Turisian mesti coba berkunjung ke Ketep Pass. Sebuah gardu pandang dengan ketinggian 1.200 mdpl yang memiliki luas area 8.000 m². Di tempat ini, kalian bisa menikmati panorama lanskap kota dan deretan gunung yang indah.

Destinasi wisata ini berlokasi di Jalan Blabak Boyolali KM. 16 Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Berjarak 17 km dari Blabak Magelang ke arah timur, 30 km dari Kota Magelang, 35 km dari Boyolali, 32 km dari Kota Salatiga melalui Kopeng, dan 30 km dari Candi Borobudur.

Dari atas Ketep Pass ini, Sobat Turisian bisa melihat pemandangan gunung yang mengelilingi Magelang. Di antaranya Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan lainnya secara jelas terpampar dari Pelataran Panca Arga yang ada di objek wisata tersebut.

Tak hanya itu, Sobat Turisian di Ketep Pass juga bisa melakukan wisata edukasi dengan mengunjungi  Museum Volcanologi “Ketep Vulcano Centre”. Di dalamnya menyajikan informasi Gunung Merapi dengan berbagai koleksi.

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Borobudur Magelang Paling Populer

Seperti koleksi miniatur Gunung Merapi, beberapa contoh batu-batuan bukti letusan dari tahun ke tahun, serta foto-foto letusan Gunung Merapi. Sobat Turisian juga bisa menyaksikan film dokumenter letusan Merapi.

Sehingga kalian dapat mengetahui betapa dahsyatnya letusan Gunung Merapi pada Oktober 2010 lalu. Hal ini untuk mengingatkan kita betapa besarnya kuasa Tuhan.

Ketep Pass Restaurant

Setelah Sobat Turisian puas mengeksplorasi kawasan wisata ini, saatnya mengisi perut yang lapar dengan aneka sajian menu makanan di Ketep Pass Restaurant. Di sini tersedia beragam hidangan lezat dengan menu khas Ketep, seperti ketela goreng, pisang goreng keju, dan lainnya.

Enaknya makan di restoran ini, Sobat Turisian bisa sembari melihat keindahan panorama  Gunung Merapi dan Merbabu. Ada pula jagung bakar yang warga sekitar jual, menjadi pilhan yang mantap untuk menemani di saat udara yang dingin.

Baca juga: Berburu Foto Instagenik di Svargabumi Magelang, Wisata Unik di Tengah Sawah

Sobat Turisian yang berkunjung ke Ketep Pass memsti membayar biaya retribusi yang sangat  terjangkau, hanya sekitar Rp10.500,- pada hari biasa. Kemudian untuk hari libur atau Minggu sebesar Rp12.500 dan sudah termasuk asuransi selama di objek wisata. Sedangkan harga untuk menyaksikan film dokumenter letusan Gunung Merapi, hanya perlu membayar sebesar Rp9.000,-.*

Pos terkait