Bandung Angklung Festival Masuk 10 Unggulan Kalender Event Kota Bandung 2023

Kalender Event Kota Bandung
Wali Kota Bandung Nana Mulyana (Kanan) didampingi Kadisbudpar Kota Bandung Arief Syaifudin mengamati alat musik angklung yang akan dibagikan kepada komunitas musik jalanan, Senin malam 7 November 2022, pada peluncuruan Kalender Event 2023. Foto: Turisian.com/Duta Ilham

TURISIAN.com – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) resmi meluncurkan Kalender Event Kota Bandung 2023 pada Senin malam, 7 November 2022.

Dan Bandung Angklung Festival—yang menjadi ikonik kota ini, masuk dalam 10 Calender of Event (CoE) 2023 Kota Bandung. Event tersebut akan berlangsung Oktober 2023 mendatang.

Peluncuran  CoE 2023 Kota Bandung 2023 sendiri berlangsung di Grand Ballroom El Royale Hotel Bandung pada pukul 18.30 WIB.

Launching CoE 2023 dilakukan langsung oleh Wali Kota Bandung Nana Mulyana. Mendampingi pada peluncuran event tahun itu, Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Arief Syaifudin.

BACA JUGA: Kalender Event Jambi, Penuh Keseruan dari April Hingga Desember 2022

Dalam kesempatan tersebut Nana Mulyana mengemukakan bahwa event yang telah dipilih akan digelar baik oleh pemerintah bersama mitra pariwisata.

Termasuk, komunitas lainnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Ia juga menyakini pelaksanaan Calender of Event 2023 akan mampu membangkitkan sektor ekonomi masyarakat.

Wali Kota berharap kegiatan tersebut bisa berdampak signifikan, baik itu dari segi ekonomi, sosial, budaya serta lingkungan.

BACA JUGA: Festival Kerinci Masuk Kalender Kharisma Event Nusantara

“Atas dasar itulah, Calender of Event 2023 sejatinya menjadi momentum paling dinanti oleh masyarakat, pelaku pariwisata karena dapat menciptakan enjoyment, engagement, Experience dan empowerment,” ujarnya.

Kharisma Event Nusantara

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Arief Syaifudin menjelaskan dari 78 event yang akan berlangsung pada tahun 2023 mendatang, ada 10 event unggulan.

Ke-10 event unggulan tersebut nantinya akan dibawa ke tingkat provinsi (Jawa Barat). Selanjutnya dari event yang terpilih akan masuk Kharisma Event Nusantara (KEN).

Launching Calender of Event 2023 ini sendiri, kata Arief, merupakan program strategis Disbudpar Kota Bandung untuk mempromosian daya Tarik wisata di Kota Bandung.

BACA JUGA: Pengajaran Musik Angklung dengan Metode Unik oleh Ardian di Tokyo Jepang

“Peluncuran Kalender Event Kota Bandung ini merupakan pagelaran pengenalan event yang akan diselenggarakan pada tahun 2023 mendatang,” jelasnya.

Menurutnya, di masa pandemi ini Disbudpar Kota Bandung telah melakukan kurasi atau pengenal event-event yang akan diselenggarakan tahun depan.

“Tentunya event yang akan digelar, event yang benar-benar telah siap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 pada level PPKM I,” tambahnya.

BACA JUGA: Tiga Rekomendasi Perpustakaan Cozy di Kota Bandung

Sedangkan konsep event yang akan dilaksanakan secara hybrid, daring, luring dan offline dengan mengikuti protocol Kesehatan saat memasuki adaptasi baru.

Berikut 10 event unggulan Kota Bandung pada tahun 2023:

  1. PLAYLIST LOVE FESTIVAL PADA FEBRUARI 2023
  2. NOW PLAYING FESTIVAL PADA MARET 2023
  3. FESTIVAL BASO JUARA PADA MARET 2023
  4. TRADE MARK MARKET FESTIVAL PADA APRIL 2023
  5. ASIA AFRICA FESTIVAL PADA ME-1 2023
  6. BANDUNG ART MOUNTH PADA ACUSTUS 2023
  7. BANDUNC GREAT SALE PADA SEPTEMBER 2023
  8. BANDUNG ANGKLUNC FESTIVAL PADA OKTOBER 2023
  9. THE PAPANDAYAN JAZZ FESTIVAL PADA OKTOBER 2023
  10. KICKFEST PADA NOVEMBER 2023

***

Pos terkait